IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 99/I BENTENG RENDAH KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANGHARI

HARIANTI, NOVI IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI NOMOR 99/I BENTENG RENDAH KECAMATAN MERSAM KABUPATEN BATANGHARI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (625kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Harianti, Novi 2017. “Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. H. Syahrial M.Ed PhD (2) M.Sofwan S.Pd M.Pd Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pendidikan karakter peduli lingkungan merupakan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Masalah yang ada dalam penelitian ini adalah meskipun sudah diterapkan kegiatan peduli lingkungan namun masih kurangnya minat siswa tentang kepedulian terhadap lingkungan mengakibatkan siswa menjadi kurang bertanggung jawab dan disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Dasar Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari. Objek penelitian ini berupa pendidikan karakter peduli lingkungan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian melalui observasi dan wawancara menunjukkan bahwa Kepedulian lingkungan siswa kelas III sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan sekolah. Hal ini terlihat dari keadaan kelas dan sekolah yang sudah bersih, rapi, sejuk dan hijau. Disini jelas terlihat bahwa kepedulian siswa terhadap lingkungan dapat mempengaruhi pembentukan moral siswa khususnya moral disiplin dan bertanggungjawab dalam menjaga dan merawat lingkungan. Kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan siswa kelas III Di Sekolah Dasar Negeri 99/I Benteng Rendah Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari adalah kebiasaan siswa dan keteladanan. Hal ini dapat dilihat dari masih adanya beberapa orang siswa yang masih kurang peduli terhadap lingkungan sekolah. Kendala yang berkaitan dengan kebiasaan siswa adalah siswa masih harus diingatkan guru dalam pelaksanaannya. Adapun kendala yang berkaitan dengan keteladanan adalah guru belum memberikan keteladanan secara menyeluruh kepada siswa, baik waktu, tempat, maupun situasi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NOVI HARIANTI
Date Deposited: 12 Oct 2017 09:06
Last Modified: 12 Oct 2017 09:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2190

Actions (login required)

View Item View Item