ELISA. S, INDAH KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX A SMP NEGERI 11 MUARO JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
ARTIKEL INDAH ELISA.pdf Download (304kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Elisa, Indah 2017. Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) prof. H. Yundi Fitrah, M.Hum., Ph.D. dan Pembimbing (2) Drs. Imam Suwardi W., M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan, Menulis, Cerpen. Penelitian ini bertujuan agar diperolehnya informasi tentang bagaimana Kemampuan Siswa Dalam Menulis Cerpen Pada Kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi. Metode dan jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Melalui metode dan jenis tersebut, akan dikumpulkan data ordinal tentang kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Data tersebut akan diolah melalui koreksi, skoring, penilaian dan pencarian rata-rata nilai kemampuan. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes menulis cerita pendek ( cerpen ). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 01 s.d 15 Agustus 2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data penelitian diolah dengan menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan presentase. Hasil penilaian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada kelas IX SMP Negeri 11 Muaro Jambi memperoleh nilai rata-rata 84,357, nilai tersebut terdapat pada interval 75-84, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada kelas IX A SMP Negeri 11 Muaro Jambi berkreteria mampu. Kemampuan siswa dalam menulis cerpen dapat dijelaskan sebagai berikut: dilihat dari perunsurannya dengan rincian penerapan unsur tema memperoleh nilai rata-rata 76,5 berkategori mampu. Penerapan unsur alur memperoleh nilai 80,5 berkategori mampu. Penerapan unsur tokoh dan penokohan memperoleh nilai 79 berkategori mampu. Penerapan unsur latar/setting memperoleh nilai 90,5 berkategori sangat mampu. Penerapan unsur alur sudut pandang memperoleh nilai 84 berkategori mampu. Penerapan unsur gaya bahasa memperoleh nilai 87,5 berkategori mampu. Penerapan unsur amanat memperoleh nilai 90 berkategori sangat mampu. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan dan perbandingan bagi peneliti selanjutnya terutama yang mengkaji mengenai kemampuan menulis cerpen.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | INDAH ELISA S |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 09:06 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 09:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2192 |
Actions (login required)
View Item |