gusrita, tri (2021) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X MAN 1 Sarolangun. S2 thesis, Universitas jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan.pdf Download (642kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (187kB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa Indonesia memiliki 4 keterampilan, yakni keterampilan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam menambah wawasan pengetahuan. Namun demikian bahwa dalam realitasnya, sering diperoleh informasi bahwa model pembelajaran yang digunakan belum mampu meningkatkan keterampilan menulis siswa, terutama dalam mengembangkan pola pikir, inquiri, belajar mandiri, dan kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot di MAN 1 Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan objek penelitian siswa kelas X IIS MAN 1 Sarolangun yang berjumlah 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observsi dan tes menulis teks anekdot. Analisis data kualitas porses pembelajaran kontekstual dilaksanakan dengan alur reduksi data, katagorisasi, sintesisasi, dan diakhir dengan menyusun hipotes kerja. Adapun data kualitas hasil menulis teks anekdot dianalisis dengan menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini dikelompokkan dalam 2 kategori, yaitu kualitas proses dan kualitas hasil. Hasil analisis data ketegori kualitas proses menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa motivasi siswa dalam menulis teks anekdot masih rendah dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yang diperoleh dari hasil analisis data dalam lembar instrument observasi. Demikian halnya pada kategori kualitas hasil menunjukkan bahwa rata-rata perolehan siswa pada siklus I adalah 62,33% dan pada siklus II mencapai 80% sehingga terjadi peningkatan dari siklus I dan siklus II mencapai 18,92%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis teks anekdot siswa kelas X IIS MAN I Sarolangun. Penelitian ini merekomendasikan kepada guru bahasa Indonesia untuk menggunakan model pembelajaran kontekstual pada pembelajaran menulis teks anekdot, karena dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran menulis teks anekdot.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | TRI GUSRITA |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:33 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21924 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |