IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DARING PADA ERA NEW NORMAL DI MAN 1 MUARO JAMBI

Annisa, Mutia (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS DARING PADA ERA NEW NORMAL DI MAN 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (131kB)
[img] Text
Halaman persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (111kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)

Abstract

Annisa, Mutia. 2021. Implementasi Pembelajaran Bahasa Ararb Berbasis Daring Pada Era New Normal MAN 1 Muaro Jambi, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Eva Iryani, S.Pd.I, M.Pd.I., (II) Muhammad Sobri, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Berbasis Daring, New Normal Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi pembelajaran bahasa arab berbasis daring pada era new normal di MAN 1 Muaro Jambi, dan (2) Apa saja kendala dan pendukung implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis daring pada era new normal di MAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada MAN 1 Muaro Jambi pada bulan Januari-Maret 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara serta dokumentasi sebagai data pendukung dari hasil observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis daring terlaksana dengan cukup baik, yaitu sebelum pelaksanaan pembelajaran guru membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), pada pelaksanaannya guru menggunakan aplikasi e-learning madrasah dan whatsapp, metode yang digunakan adalah metode ceramah dan penugasan, media yang digunakan berupa pdf dan foto materi pembelajaran, penilaian yang dilakukan adalah dengan penilaian integratif yaitu gabungan dari penilaian pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Namun terdapat kendala dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis daring, yaitu terdapat siswa yang tidak memiliki gawai, ketidak mampuan siswa membeli kuota, kurang stabilnya jaringan internet,terlalu banyak tugas yang diberikan oleh guru, guru merasa kesulitan mengamati perkembangan siswa, dan kurangnya metode pembelajaran. Adapun pendukung pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab berbasis daring adalah diberikannya subsidi kuota belajar secara gratis, kepada siswa yang tidak memiliki gawai bisa menumpang kepada kawannya ataupun membuat tugas pada madarsah, terjadinya peningkatan kualitas mutu guru dalam memanfaatkan teknologi. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang lebih bervariasi, dan agar guru melaksanakan interaksi secara langsung kepada siswa yaitu secara tatap muka melalui video menggunakan aplikasi yang mudah pahami oleh guru dan siswa seperti e-learning madrasah.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab
Depositing User: Annisa
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:22
Last Modified: 29 Jun 2021 02:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21935

Actions (login required)

View Item View Item