MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS IV SD NEGERI 66/IV KOTA JAMBI

PANGASTUTI, SRI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS IV SD NEGERI 66/IV KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113003.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pangastuti, Sri. 2017 “Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IV SD Negeri 66/IV Kota Jambi”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Dr. Yantoro, M.Pd dan Pembimbing (2) Suci Hayati, S.Pd, M.Pd Kata kunci: Pendekatan realistic mathematics education, prestasi belajar matematika. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 66/IV Kota Jambi, siswa memiliki antusias yang baik ketika pembahasan mata pelajaran matematika disampaikan oleh guru. Pemberian variasi soal telah dilakukan oleh guru terutama dalam bentuk soal hitung berupa angka, namun ketika bentuk soal yang diberikan berbentuk soal cerita atau soal yang meminta siswa untuk mengembangkan logikanya, siswa mengalami kesulitan dalam penyelesaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pendekatan RME dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif bersama guru kelas. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2016/2017. Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 66/IV Kota Jambi. Objek penelitian adalah prestasi belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil tes dan lembar pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan RME dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 66/IV Kota Jambi. Hal ini ditunjukkan melalui peningkatan prestasi siswa berdasarkan kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan pada lembar observasi. Pada siklus I pertemuan 1 didapatkan hasil skor lembar observasi rata-rata 49,9% dan pertemuan 2 rata-rata 56% dimana angkat tersebut masih rendah karena penelitian dikatakan berhasil apabila siswa mencapai 80%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 siswa mendapatkan rata-rata 67% dan pertemuan 2 rata-rata siswa memperoleh nilai 84,8%. Berdasarkan hasil yang diperoleh siswa, dapat disimpulkan bahwa selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan RME prestasi siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan 80% dengan hasil akhir penelitian 84,8%. Dengan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa RME memiliki peran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas IV SD Negeri 66/IV Kota Jambi.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI PANGASTUTI
Date Deposited: 12 Oct 2017 09:07
Last Modified: 12 Oct 2017 09:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2198

Actions (login required)

View Item View Item