PRASTYO, TITON Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. (Submitted)
|
Text
artikel titon baru.pdf Download (750kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Prastyo, Titon 2017. Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017.Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi.Pembimbing (I) Dr. Hj.Nazurty,M.Pd.Dan, (II) Dra. Hj. Yusra D.,M.Pd. Kata kunci :kemampuan menulis, pantun Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Setiap bait terdiri 4 baris, bersajak ab-ab, dua baris pertama awal berupa sampiran, dua baris terakhir berupa isi, tiap baris biasanya terdiri dari 4 hingga 6 atau 8 sampai 12 suku kata, kesesuain tema, menerapkan pilihan kata yang tepat dan selaras (diksi) oleh siswa kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan siswa menulis pantun dengan tema ditentukan.Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi pada 18 Januari 2017 dan instrument yang digunakan dalam penelitian adaah tes unjuk kerja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi yang berjumlah 21 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Menilai satu persatu tulisan siswa oleh P1 dan P2, (2) Hasil tulisan siswa dianalisis berdasarkan indikator (3) Memperesentasikan data. Hsil penelitian ini menunjukan bahwa penulisan pantun oleh siswa kelas VII C SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017memperoleh nilai 63,8 dengan interval 60-79 berkriteria “mampu” . Dari hasilpengolahan data, diketahui penerapan setiap bait terdiri dari 4 baris memperoleh nilai 100, berada pada frekuensi nilai 80-100 berkriteria sangat mampu. Penerapan pantun bersajak ab-ab memperoleh nilai 71,4 berada pada frekuensi 60-79 berkriteria mampu. Penerapan dua baris terakhir berupa isi memperoleh nilai 79,7 berada pada frekuensi 60-79 berkriteria mampu. Penerapan dua baris pertama awal berupa sampiran memperoleh nilai 96,4 berada pada frekuensi 80-100 berkriteria sangat mampu. Penerapan setiap bait terdiri dari 4 hingga 6 atau 8 sampai 12 suku kata memperoleh nilai 92 berada pada frekuensi 80-100 berkriteria mampu. Penerapan kesesuaian tema yang telah ditentukan memperoleh nilai 100 berada pada frekuensi 80-100 berkriteria sangat mampu. Penerapan pilihan kata yang tepat dan selaras (diksi) memperoleh nilai 91 berada pada frekuensi 80-100 berkriteria sangat mampu. Menulis pantun yang sesuai dengan EYD memperoleh nilai 90berada pada frekuensi 80-100.Berkriteria sangat mampu. Bagi guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 30 Muaro Jambi diharapkan untuk meningkatkan pembelajaran mengenai menulis pantun. Khususnya memberikan penjelasan dan pemahaman lebih detail pantun beserta ciri-ciri pantun. Kemudian guru biasa lebih meningkatkan motivasi lomba dan minat siswa untuk membaca dan menulis pantun dengan cara mengikuti, membuat mading yang biasa diisi dengan pantun siswa di SMP Negeri 30 Muaro Jambi sehingga kemampuan siswa akan semakin terasa dengan baik.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Depositing User: | TITON PRASTYO |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 23:49 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 23:49 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2202 |
Actions (login required)
View Item |