Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi covid-19.

Wulandari, Puput and Kuntarto, Eko and Chan, Faizal (2021) Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-converted.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-converted.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB 1-converted.pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (450kB)

Abstract

Wulandari, Puput. 2021. Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd, M.Comp.Eng (II) Drs. Faizal Chan., S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Strategi Guru, Tantangan Pembelajaran Daring, Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tantangan pembelajaran daring yang dihadapi oleh guru Sekolah Dasar di masa pandemi Covid-19 dan mendeskripsikan strategi guru Sekolah Dasar dalam menghadapi tantangan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di SDS Adhiyaksa I Kota Jambi yang terletak di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo No 33, Selamat, kec. Telanai Pura, Kota Jambi yang dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini adalah deskripsi yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan informan mengenai Strategi Guru Sekolah Dasar dalam Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IC dan 3 orang siswa kelas IC SDS adhiyaksa I Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan beberapa bentuk tantangan pembelajaran daring serta strategi guru dalam menghadapi tantangan tersebut yaitu: (1)Tantangan dalam aspek media pendukung pembelajaran daring adalah kendala jaringan, kuota internet dan kepemilikan handphone. Mengenai jaringan strategi yang digunakan guru yaitu menggunakan audio sebagai alternatif dalam menjelaskan materi pembelajaran, untuk kuota internet dan kepemilikan handpone strategi gruru yaitu menghubungi orang tua kemudian berdiskusi mengenai masalah tersebut. (2)Perencanaan, tantangan yang ditemukan adalah mengenai rpp daring. Starategi yang digunakan guru adalah mencari referensi atau informasi melalui berbagai sumber, berdiskusi, serta mengikuti pelatihan. (3)Pelaksanaan, tantangan yang ditemukan: siswa bosan dan jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran secara daring. Strategi yang digunakan guru adalah menggunakan metode mengajar dan media yang bervariasi. (4) Evaluasi, tantangan yang ditemukan adalah kedisplinan dan tanggung jawab siswa yang menurun dan guru kesulitan mengevaluasi tugas siswa karena tidak mengetahui siapa yang membuat tugas tersebut. Strategi guru untuk meyikapi tantangan terssebut adalah memberi motivasi, semangat kepada siswa, memberi sanksi yang mendidik dan menguji siswa selama proses pembelajaran berlangsung maupun pada saat siswa ke sekolah Keberhasilan pencapaian terlaksananya pembelajaran daring tergantung dengan kerjasama dari berbagai pihak. Strategi yang tepat untuk menghadapi tantangan pembelajaran daring dan kreativitas guru untuk menghadirkan serta menyajikan pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan tentunya akan menentukan besarnya atensi siswa selama kegiatan pembelajaran dilakukan secara daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Puput Wulandari
Date Deposited: 30 Jun 2021 01:42
Last Modified: 30 Jun 2021 01:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22056

Actions (login required)

View Item View Item