KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII C MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RAHMAWATI, RAHMAWATI KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII C MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. KEMAMPUAN MENULIS NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA SISWA KELAS VII C MTs LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. (Submitted)

[img]
Preview
Text
A1B113009-Artikel.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmawati, 2017. Kemampuan Menulis Narasi Berdasarkan Teks Wawancara Siswa Kelas VII C MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Herman Budiyono, M.Pd; (II) Drs. Andiopenta, M.Hum. Kata – kata Kunci : kemampuan, menulis, narasi Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menulis narasi berdasarkan teks wawancara siswa kelas VII C MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun data yang diambil dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara siswa kelas VII C MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi. Sumber data pada penelitian ini adalah berupa hasil karangan narasi siswa kelas VII C MTs Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifudin Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan menerapkan kesesuaian tema 72,2% yang mencakup SM: 51,8%, M: 29,6%, CM: 14,8%, KM: tidak ada, dan TM: 3,7%; (2) kemampuan menerapkan keruntutan alur 71,5% yang mencakup SM: 44,4%, M: 37%, CM: 18,5%, KM: tidak ada, dan TM: tidak ada; (3) kemampuan menerapkan kejelasan latar 69,3% yang mencakup SM: 29,6%, M: 55,5%, CM: 14,8%, KM: tidak ada, TM: tidak ada; (4) kemampuan menerapkan kejelasan tokoh dan penokohan 92,6% yang mencakup SM: 100%, M: tidak ada, CM: tidak ada, KM: tidak ada, TM: tidak ada; dan (5) kemampuan menerapkan kesesuaian sudut pandang 62,5% yang mencakup SM: 14,8%, M: 51,8%, CM: 25,9%, KM: 7,4%, TM: tidak ada. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah kemampuan menulis narasi berdasarkan teks wawancara kelas VII C MTs Laboratorium Fakutas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dapat dikategorikan cukup mampu (CM). Hal ini terbukti dari media serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menulis narasi berdasarkan teks wawancara. nilai rata-rata secara umum adalah 73,5. Saran untuk pembelajaran ke depannya agar dapat mengintensifkan penjelasan tentang kejelasan sudut pandang lalu kejelasan latar kemudian yang lain-lainnya. Menjadi tolak ukur guna memberi motivasi agar siswa lebih berfikir secara kritis terhadap apa yang akan ditulisnya dengan berbagai media serta dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam menulis narasi berdasarkan teks wawancara.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: RAHMAWATI
Date Deposited: 13 Oct 2017 02:16
Last Modified: 13 Oct 2017 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item