NASIHAH, MAHDIYATUL HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. EDUCATION. (Submitted)
|
Text
A1E113007 - ARTIKEL.pdf Download (264kB) | Preview |
Abstract
Konsep diri merupakan gambaran yang dimiliki seseorang tentang dirinya sendiri, yang dibentuk melalui pengalaman-pengalaman yang diperoleh dari interaksi dengan lingkungan. Sedangkan interaksi sosial merupakan hubungan sosial yang menyangkut hubungan antar individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok, yang ditunjukkan melalui kerjasama dengan orang lain, individu mampu mengenali potensi diri melalui hubungan sosial dengan orang lain, serta mampu memahami orang lain. Berdasarkan latar belakang permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 4 Kota Jambi bahwa di sekolah tersebut terdapat siswa yang memilliki konsep diri negatif dan mempunyai kemampuan interaksi sosial yang kurang di lingkungan sekolah. Alasan inilah yang mengarahkan peneliti untuk mengangkat judul: Hubungan Konsep Diri dengan Interaksi Sosial Pada Siswa SMP Negeri 4 Kota Jambi. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan konsep diri dengan interaksi sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Kota Jambi. Dalam penelitian ini hanya membahas mengenai konsep diri yang memiliki hubungan erat dengan interaksi sosial. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dengan populasi adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 365 siswa. Jumlah sampel sebanyak 78 yang diambil menggunakan tekhnik simple random sampling. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah berupa angket dengan 58 item terdiri dari 28 item variabel konsep diri serta 30 item variabel interaksi sosial. Item pertanyaan dibuat dengan mengikuti skala model Guttman, dimana setiap responden dapat memilih jawaban dengan cara memberi ceklist (√) pada lembar jawaban dan terdapat dua alternatif jawaban yaitu “Ya” dan “Tidak”. Dengan hasil analisis uji korelasi yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 21.0, dan hasil uji korelasi product moment, diperoleh hasil output uji korelasi atau r hitung sebesar 0,549 yang berada pada tingkat hubungan korelasi sedang/hubungan memadai. Koefisien korelasi tersebut dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,2213, r hitung > r tabel (0,549 > 0,2213). Maka, hipotesis yang menyatakan terdapat hubungan yang positif dan berarti Konsep Diri dengan Interaksi Sosial dapat diterima. Dengan demikian, bahwa antara Konsep diri dengan Interaksi Sosial terdapat korelasi positif dan berarti. Dari hasil penelitian diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak sekolah khususnya guru pembimbing bisa memberikan layanan-layanan dan bimbingan kepada siswa mengenai konsep diri dan interaksi sosial siswanya di lingkungan sekolah, sehingga kedepannya siswa dapat meningkatkan konsep diri dan interaksi sosialnya agar lebih baik. Keywords: Konsep Diri, Interaksi Sosial
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | S.Pd MAHDIYATUL NASIHAH |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 02:16 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2207 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |