KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII E SMP N 11 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

nurfatimah, nurfatimah KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII E SMP N 11 KOTA JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
artikel nurfatimah.pdf

Download (513kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfatimah. 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII E SMP N 11 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. H. Larlen, M.Pd. (II) Dra. Rasdawita, M.M. Kata Kunci: kemampuan, menulis, teks deskripsi Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Jambi berdasarkan aspek ciri, tujuan, dan struktur teks deskripsi. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Jambi. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel adalah dengan teknik total sampling, artinya seluruh siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 33 orang dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi tergolong tidak mampu. Kemampuan siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Jambi dalam menulis teks deskripsi ditinjau dari aspek ciri teks deskripsi dapat digolongkan pada kategori cukup mampu dengan nilai 63; ditinjau dari aspek tujuan teks deskripsi dapat digolongkan pada kategori cukup mampu dengan nilai 61; dan ditinjau dari aspek struktur teks deskripsi dapat digolongkan pada kategori cukup mampu dengan nilai 60, sementara persentase kemampuan menulis secara keseluruhan adalah: siswa yang sangat mampu berjumlah 3 orang dengan persentase 9,1%; siswa yang mampu berjumlah 4 orang dengan persentase 12,1%; siswa yang cukup mampu berjumlah 9 orang dengan persentase 27,3%; siswa yang kurang mampu berjumlah 12 orang dengan persentase 36,4%; dan siswa yang sangat tidak mampu berjumlah 5 orang dengan persentase 15,1%. Simpulan penelitian ini adalah kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII E SMP Negeri 11 Kota Jambi tahun pelajaran 2015/2016 berada pada kategori “kurang mampu” dengan persentase 36,4%. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan kepada guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 11 Kota Jambi untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa berdasarkan aspek ciri, tujuan, dan struktur teks deskripsi.

Type: Article
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NURFATIMAH
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:16
Last Modified: 17 Oct 2017 08:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2212

Actions (login required)

View Item View Item