STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Safitri, Dzil Hikmah (2021) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (657kB)

Abstract

Safitri, D. H. 2021. Strategi Pembelajaran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik: Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Syahrial, M. Ed., Ph. D., (II) Issaura Sherly Pamela, S. Pd., M. Pd., Kata kunci: strategi pembelajaran, berpikir kritis, berpikir kreatif. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif peserta didik pada kelas tinggi di SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 66/IV Kota Jambi pada semester genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas tinggi di SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan tahapan pertama reduksi data, kedua penyajian data, ketiga verifikasi, dan keempat pemaknaan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru kelas tinggi SD Negeri 66/IV Kota Jambi menggunakan 8 strategi yang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis antara dan 5 strategi yang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Dari strategi tersebut terdapat 3 strategi yang sama digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Starategi yang digunakan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan indikator interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi antara lain: (1) memberikan contoh dan menggunakan bahasa yang sederhana, (2) menggunakan media, (3) pemahaman konsep, (4) tutor sebaya, (5) merefleksi pembelajaran, (6) menerapkan literasi dan membaca intensif, (7) pembelajaran kontekstual, (8) membimbing dan mengarahkan. Selanjutnya 5 strategi yang digunakan dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dengan indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration antara lain: (1) menggunakan media, (2) pemahaman konsep, (3) mendorong peserta didik mengkomunikasikan pemikirannya, (4) implementasi pembelajaran berbasis masalah, (5) pembelajaran kontekstual. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa dari semua strategi pembelajaran yang digunakan guru kelas tinggi SD Negeri 66/IV Kota Jambi dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif saat pembelajaran secara langsung dan daring terdapat 5 strategi yang digunakan saat pembelajaran secara langsung saja dan 5 strategi yang digunakan saat pembelajaran secara langsung dan daring.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dzil Hikmah Safitri
Date Deposited: 01 Jul 2021 01:31
Last Modified: 01 Jul 2021 01:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22120

Actions (login required)

View Item View Item