Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler ditinjau dari Stimulasi Ibu Muda

Eva-Setia-Rini, Yustika (2021) Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler ditinjau dari Stimulasi Ibu Muda. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover SKRIPSII.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (302kB)
[img] Text
persetujuan.pdf

Download (253kB)

Abstract

Bahasa merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan sehari-hari termasuk bagi anak sekalipun yakni sebagai alat komunikasi antara anak dengan orang lain. Sedangkan ibu merupakan orang terdekat anak sebagai tempat belajar anak yakni melalui perlakuan yang diterima anak dari ibunya termasuk aspek bahasa. Maka dari itu hal tersebut menjadi dasar tujuan dari penelitian ini untuk (1) Mengungkap dan mendeskripsikan perkembangan bahasa anak usia toddler di desa Bangun Harjo (2) Mendeskripsikan stimulasi dan strategi ibu muda dalam merangsang kemampuan bahasa anak usia toddler (3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat yang dialami ibu muda dalam merangsang kemampuan bahasa anak usia toddler. Penelitian ini membahas tentang (1) Perkembangan bahasa anak usia toddler di desa Bangun Harjo (2) Stimulasi perkembangan bahasa anak usia toddler (3) Faktor pendukung dan penghambat yang dialami ibu muda dalam melaksanakan stimulasi perkembangan bahasa anak usia toddler. Anak usia toddler merupakan anak yang berada antara rentang usia 1-3 tahun. Stimulasi merupakan kegiatan merangsang yang dilakukan dari luar diri individu yang sengaja dilakukan orang lain untuk meningkatkan kemampuan dasar individu agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Perkembangan bahasa adalah bertambahnya kemampuan berbahasa sesuai dengan tahap dan tugas-tugas perkembangan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif studi kasus. Partisipan dalam penelitian ini adalah tiga orang ibu muda yang memiliki anak usia 1-3 tahun dan berasal dari Desa Bangun Harjo. Informan dalam penelitian ini adalah orang-orang terdekat anak usia toddler. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skema Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : setiap anak memiliki kemampuan bahasa berbeda-beda, sestiap ibu memiliki bentuk stimulasi dan strategi yang menarik dan menyenangkan, lingkungan dapat menjadi faktor pendukung perkembangan bahasa anak usia toddler sekaligus berperan sebagai faktor negatif bagi perkembangan anak usia toddler. Berdasarkan penelitian ini hendaknya partisipan dan informan dapat bekerja sama untuk mengoptimalkan perkembangan bahasa anak usia toddler. Kata Kunci : Perkembangan Bahasa Anak Usia Toddler, Stimulasi Ibu Muda

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Yustika Eva Setia Rini
Date Deposited: 06 Jul 2021 04:12
Last Modified: 06 Jul 2021 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22146

Actions (login required)

View Item View Item