PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI

LITAMALA, YOVANA PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. PENGEMBANGAN e-LKS BERBASIS METAKOGNISI MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 MUARO JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL YOVANA FKIP KIMIA A1C113005.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK e-LKS berbasis Metakognisi mampu meningkatkan kemampuan berfikir siswa, pembelajaran lebih menarik, minat dan kualitas belajar dapat ditingkatkan, proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui prosedur mengembangkan e-LKS berbasis Metakognisi dan mengetahui respon siswa terhadap e-LKS berbasis Metakognisi menggunakan 3D PageFlip pada materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur di kelas X MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Pengembangan mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE dengan tahapan; Analisis meliputi kendala di sekolah; Desain meliputi pembuatan flowchart dan storyboard; Pengembangan meliputi pembuatan produk, validasi oleh ahli media, ahli materi, dan penilaian guru; Implementasi meliputi uji coba kelompok kecil; Evaluasi. Hasil penelitian berupa produk e-LKS berbasis Metakognisi dalam bentuk digital. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket dan wawancara. Hasil angket ahli media diperoleh skor 62 dikategorikan baik, ahli materi diperoleh skor 63 dikategorikan baik, dan penilaian guru diperoleh skor 65 dikategorikan sangat baik. Sehingga e-LKS layak untuk diujicobakan dengan hasil angket respon adalah 87,28% dengan kategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil pengembangan e-LKS, secara keseluruhan disimpulkan bahwa e-LKS ini dikembangkan dengan kerangka ADDIE dan ditemukan pada tahap analisis terdapat kendala dalam bahan ajar yang digunakan disekolah serta diperoleh hasil respon siswa 87,28% secara teoritis ”sangat baik” untuk digunakan sebagai bahan ajar. Kata kunci: e-LKS (Electronic Lembar Kerja Siswa), Adobe Flash CS6, Metakognisi, Struktur Atom dan SPU

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: YOVANA LITAMALA
Date Deposited: 13 Oct 2017 06:59
Last Modified: 13 Oct 2017 06:59
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2215

Actions (login required)

View Item View Item