Fatikhah, Nur (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA SMK BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. S2 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-1-14.pdf Download (816kB) |
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-15-24.pdf Download (131kB) |
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-50-68.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-69-102.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-103-106.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
SIDANG NF FIX-107-111.pdf Download (98kB) |
Abstract
ABSTRAK Fatikhah, Nur. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika SMK Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Magister Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Kamid, M.Si, (II) Dr. Syamsurizal, M.Si Kata Kunci: LKPD, kontekstual, kemampuan berpikir kritis siswa Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dikarenakan dalam pembelajaran matematika kaidah-kaidah yang digunakan dapat mengembangkan penalaran yang konsisten dan akurat sehingga bisa digunakan sebagai alat berpikir yang efektif untuk memandang berbagai permasalahan matematika ataupun di luar matematika. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk melakukan proses berpikir dan bernalar yang memungkinkan seseorang untuk menganalisis informasi yang meliputi menentukan informasi yang relevan dan membenarkan informasi, serta mengembangkan argumen, kemudian menganalisis pemikiran sebagai dasar guna mengambil keputusan dalam proses menyelesaikan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Proses pengembangan menggunakan model Borg & Gall dengan tahapan: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data mencakup; analisis kebutuhan media pembelajaran, analisis kebutuhan dan karakteristik peserta didik, merumuskan kompetensi program linear, (2) tahap pengembangan draf produk meliputi; pengumpulan bahan, pengelolaan bahan, produksi (3) tahap validasi media meliputi; validasi oleh ahli media, validasi oleh ahli materi (4) tahap revisi hasil validasi, dan (5) tahap uji coba lapangan meliputi: uji coba perorangan, uji coba kelompok dan uji kelas terbatas. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media dan materi, angket penilaian guru dan siswa, serta lembar jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKPD matematika SMK berbasis konterkstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan valid dengan penilaian ahli media dan ahli materi yang memberikan kesimpulan bahwa media valid. LKPD yang dikembangkan praktis dengan rerata skor angket penilaian guru pertama adalah 3,75 dengan kualifikasi secara kualitatif “praktis”, penilaian guru kedua, diperoleh rata-rata nilai semua komponen adalah 3,9 dengan kualifikasi secara kualitatif adalah “praktis” dan hasil penilaian guru ketiga, diperoleh rata-rata nilai semua komponen adalah 3,8 dengan kualifikasi secara kualitatif adalah “praktis” serta rerata skor angket penilaian siswa yaitu 4,25 dari skor maksimal 5 dengan klasifikasi sangat baik. Jadi dari hasil diatas, disimpulkan bahwa LKPD matematika SMK berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa memenuhi kualitas media yang valid dan praktis. Dari hasil uji kelas terbatas diperoleh hasil bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan LKPD berbasis kontekstual.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | NUR FATIKHAH |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 02:16 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 02:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |