EMILIA, ELSA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN DI SD ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIORAMA PADA TEMA KESELAMATAN DI RUMAH DAN PERJALANAN DI SD ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (563kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Kata kunci: Pengembangan, Media pembelajaran Diorama, Pembelajaran Tematik Media pembelajaran adalah alat ataupun perantara yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Media pembelajaran sangat dibutuhkan dalam melakukan pengajaran pada siswa, terutama pada siswa sekolah dasar. Hal ini sejalan dengan karakteristik siswa yang masih berada pada tahap operasional konkret (usia 7-11 tahun). Pada tahap ini siswa masih membutuhkan manipulasi objek-objek konkret yang membantu siswa untuk membentuk suatu pengalaman langsung. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di kelas II SD Islam Al-Falah Jambi, media yang biasa digunakan terbatas pada gambar yang ada pada buku teks guru dan siswa. Pengembangan media diorama diharapkan mampu menjadi pendukung pembelajaran agar materi pembelajaran semakin jelas dan dapat menambah variasi media yang digunakan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan media pembelajaran diorama pada tema keselamatan di rumah dan perjalanan kelas II sekolah dasar, mengetahui validitas dan praktikalitas media diorama yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran diorama sebagai pendukung pembelajaran agar materi pembelajaran menjadi semakin jelas serta membantu siswa untuk memahami konsep materi yang diajarkan. Media yang telah dibuat kemudian divalidasi oleh validator. Meliputi validasi ahli media, dan validasi pembelajaran. Hasil validasi ahli media diperoleh nilai rata-rata yaitu 89% maka produk ini termasuk dalam kategori “ sangat baik” dan layak untuk diujicobakan. Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai rata- rata yaitu 87% maka produk ini termasuk dalam kategori “ sangat baik” dan layak untuk diujicobakan. Setelah diperoleh hasil validasi selanjutnya dilakukan uji coba perorangan yang dilakukan untuk mengetahui praktikalitas maka diuji cobakan pada siswa dan guru kelas. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran diorama sebagai pendukung pembelajaran agar materi pembelajaran menjadi semakin jelas serta membantu siswa untuk memahami konsep materi yang diajarkan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | ELSA EMILIA |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 06:59 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2218 |
Actions (login required)
View Item |