MELLINIA, MELLINIA (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN DARING KELAS V. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (45kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (294kB) |
Abstract
Whatsapp merupakan salah satu media sosial yang populer yang dapat digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran secara daring dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur grup chat, video, dan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media sosial whatsapp dalam pembelajaran daring pada guru kelas V di SD Negeri 146/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatid dan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pembelajaran daring. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa guru kelas di SD Negeri 146/IV Kota Jambi telah melakukan pembelajaran daring dengan memanfaatkan media sosial whatsapp pada kelas V, dengan memanfaatkan fitur grup chat, video serta gambar yang tersedia pada media sosial whatsapp, guru dapat menyampaikan materi kepada peserta didik melalui media berupa video dan tetap dapat berinteraksi dengan peserta didik, guru juga tetap dapat melihat atau mengkoreksi hasil dari tugas yang peserta didik telah kerjakan, kemudian whatsapp merupakan media sosial populer serta penggunaan nya yang lebih simple dan mudah dimengerti oleh peserta didik menjadi alasan guru kelas memanfaatkan media sosial whatsapp untuk melaksanakan pembelajaran daring. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemanfaatan media sosial whatsapp dalam pembelajaran daring di kelas V Sekolah Dasar terkait dengan interaksi dimana guru tetap dapat berinteraksi bersama peserta didik, lalu guru dapat penyampaikan materi melalui grup chat whatsapp dan peserta didik dapat mengirimkan hasil tugas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MELLINIA |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:22 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:22 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |