KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 9 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

INDAH, NUR KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 9 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 1 SMK NEGERI 9 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL NUR.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah, Nur. 2017. Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa KelasX MULTIMEDIA 1 SMK Negeri 9 Muaro Jambi Tahun Pelajaran2016/2017.Skripsi,Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Herman Budiyono, M. Pd. (2) Drs. Eddy Pahar Harahap, M. Pd. Kata kunci: kemampuan, menulis, paragraf, argumentasi. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf argumentasi, siswa kelas X MULTIMEDIA 1 SMK Negeri 9 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan syarat-syarat seperti, (1) aspek kriteria paragraf yang meliputi pendahuluan, tubuh argumen, dan simpulan, (2) aspek paragraf seperti kesatuan, koherensi dan pengembangan, (3) aspek kebahasaan yang meliputi tata bahasa, pilihan kata, dan tanda baca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis paragraf argumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MULTIMEDIA 1 SMK Negeri 9 Muaro Jambi yang berjumlah 24 siswa. Instrumen penelitian ini adalah berupa tes menulis paragraf argumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MULTIMEDIA 1 SMK Negeri 9 Muaro Jambi berkategori cukup mampu. Rinciannya (1) kemampuan menerapkan kriteria argumentasi yang meliputi pendahuluan, tubuh argumen, dan simpulan dengan nilai 4,3 ( mampu), (2) kemampuan menerapkan persyaratan paragraf yang baik meliputi kesatuan, koherensi, dan pengembangan dengan nilai 3,7 (cukup mampu) dan (3) kemampuan menerapkan persyaratan kebahasaan yang meliputi tata bahasa, pilihan kata, dan ejaan dan tanda baca dengan nilai 3,6 (cukup mampu). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X MULTIMEDIA 1 SMK Negeri 9 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menerapkan , (1) aspek paragraf argumentasi yang meliputi pendahuluan, tubuh argumen, dan simpulan; (2) aspek paragraf yang baik meliputi kesatuan, koherensi, dan pengembangan; (3) aspek kebahasaan yang meliputi tata bahasa, pilihan kata, dan ejeaan dan tanda baca tergolong cukup mampu dengan nilai 3,8. Berdasarkan simpulan ini disarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMK Negeri 9Muaro Jambi untuk meningkatkan pembelajaran menulis paragraf argumentasi. Terutama kemampuan penerapan kriteria sperti, (1) aspek paragraf argumentasi meliputi pendahuluan, tubuh argumen dan kesimpulan, (2) aspek paragraf yang baik meliputi kesatuan, koherensi dan pengembangan, (3) aspek kebahasaan yang meliputi tata bahasa, pilihan kata, ejaan dan tanda baca.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: NUR INDAH
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:25
Last Modified: 16 Oct 2017 07:25
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2220

Actions (login required)

View Item View Item