MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN 109 KOTA JAMBI

DUWI PUTRI, NIKE MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN 109 KOTA JAMBI. MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS IV SDN 109 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113023.pdf

Download (401kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Putri, D. N. 2017. “ Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Media Gambar Kelas IV SD Negeri Kota Jambi ” . Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M,Si dan (II) Muhammad Sofwan, S.Pd, M,Pd. Kata Kunci: Keaktifan siswa, Pembelajaran IPS, Media Gambar Berdasarkan observasi di kelas IV SD Negeri 109 Kota Jambi, bahwa pembelajaran yang dilakukan khususnya pembelajaran Ilmu Pendidikan Sosial(IPS) masih sebagian siswa yang kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang diikutinya dikarnakan guru yang hanya menjelaskan dari buku paket dan membuat siswa merasa bosan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS Siswa kelas IV SD Negeri 109 Kota Jambi. Yang permasalahannya adalah siswa kurang aktif pada saat mengikuti pembelajaran khususnya pada saat guru menjelaskan materi yang diajarkan maupun disampaiakan oleh guru untuk siswa. Jika hal ini dibiarkan terus berkelanjutan maka mengakibatkan keaktifan belajar siswa tidak berkembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas(PTK). Kolaboratif subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 26 siswa, objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa pada siklus I mencapai 57,30 (kriteria cukup), pada siklus II meningkat menjadi 78,265(kriteria baik). Artinya ada peningkatan sebesar 24. Peningkatan terjadi karena adanya perbaikan di siklus II yaitu memberikan variasi terhadap gambar dengan memberi kesan yang menarik, memperbanyak gambar teknologi masa lalu dan masa kini. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini yaitu dari penggunaan media gambar pada saat proses pembelajaran IPS di kelas IV dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS di SD Negeri 109 Kota Jambi tahun ajaran 2016/2017. Hal ini bisa digambarkan dengan antusias siswa selama pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam bekerja secara berkrlompok maupun secara individu.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: NIKE DUWI PUTRI
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:04
Last Modified: 16 Oct 2017 07:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2221

Actions (login required)

View Item View Item