Gibson, Debbie and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Daring Berbasis Teknologi di Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (185kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang terjadi pada saat ini dapat digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi yang dapat dilakukan oleh guru pada saat ini adalah dengan melakukan pembelajaran daring. Namun pada pembelajaran daring tidak semua peserta didik memiliki gawai pribadi dan masih banyak peserta didik yang kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, untuk itu dibutuhkan kreativitas guru dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran daring agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran daring di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi serta kreativitas guru dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran daring di kelas IV B sekolah dasar negeri 131/IV Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi tahun ajaran semester genap 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 131/IV Kota Jambi menggunakan media pembelajaran berupa game edukasi SETARA, video pembelajaran, power point, serta voice note dalam melaksanakan pembelajaran daring. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa guru telah melakukan inovasi pada media pembelajaran berbasis teknologi yang digunakan dalam pembelajaran daring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | DEBBIE GIBSON |
Date Deposited: | 19 Jul 2021 06:50 |
Last Modified: | 19 Jul 2021 06:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |