Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri No.38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo

khotima, husnul (2021) Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri No.38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo. S2 thesis, magister pendidikan.

[img] Text
TESIS HUSNUL KHOTIMAH HT (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13378-Article Text-36959-1-2-20210619.pdf

Download (627kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pelaksanaan pembelajaran membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan meningkatkan hasil proses peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) siswa kelas I SDN No.38/II Pauh Agung. Peningkatan proses dan hasil pembelajaran membaca permulaan melalui penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan berkolaborasi dengan guru kelas khusus Kelas I SD Negeri No.38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo yang dilaksanakan pada semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada materi kelingkungan sehat, bersih dan asri kelas I SDN No.38/II Pauh Agung mampu meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi pada pra siklus diketahui bahwa tingkat hasil belajar membaca siswa kelas I SD Negeri No. 38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo pada tema lingkungan bersih, sehat, dan asri masih dibawah rata-rata atau rendah yang diperoleh siswa kelas I SD Negeri No. 38/II Pauh Agung Kabupaten Bungo yaitu 65,7% masih belum mencapai KKM yang ditentukan oleh Sekolah. Nilai rata- rata tersebut harus mencapai 70 atau lebih dari 70, pada Siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas pada siklus II sebesar 66,0 lebih besar dari siklus I yang hanya 65,3dan juga persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 65,7% lebih besar dari siklus I yang hanya 65,3 hal ini dapat diketahui dari hasil nilai tiap siswa mengalami ketuntasan sesuai dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 70.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: HUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 07 Jul 2021 01:19
Last Modified: 07 Jul 2021 01:19
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22310

Actions (login required)

View Item View Item