MORI, RESTU PRESTA PROBLEMATIKA KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB FAKULTAS IlMU BUDAYA UNIVERSITAS JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
ARTIKEL ILMIAH RESTU.pdf Download (536kB) | Preview |
Abstract
Problematika Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi Restu Presta Mori1) Iqbal Bafadhal2) Zainul Arifin2) 1) (Alumni Pendidikan Bahasa Arab), e-mail: restubhe@gmail.com 2) (Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FIB Universitas Jambi) Dosen Pembimbing Skripsi Oleh : Restu Presta Mori ABSTRAK Keterampilan berbicara termasuk urgen dalam komunikasi, namun belum dipraktekkan maksimal oleh mahasiswa yang sedang menempuh studi bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui problematika keterampilan berbicara bahasa Arab; (2) mengetahui upaya mengatasi problematika keterampilan berbicara bahasa Arab; dan (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung keterampilan berbicara bahasa Arab Pada Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Sumber data diperoleh dari mahasiswa dan dosen pada program studi pendidikan bahasa Arab, kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menemukan bahwa problematika keterampilan bicara berbahasa Arab melalui faktor linguistik dan non linguistik. Upaya mengatasinya dengan membentuk lingkungan berbahasa (bi’ah), belajar kelompok, dan mrnghapal mufrodat. Faktor yang mendukung keterampilan berbicara adalah faktor kualitas dosen, dan kurikulum. Kata kunci : Problematika berbahasa, Keterampilan Berbicara, bahasa Arab.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RESTU PRESTA MORI |
Date Deposited: | 16 Oct 2017 07:27 |
Last Modified: | 16 Oct 2017 07:27 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2232 |
Actions (login required)
View Item |