PENGARUH STRATEGI IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII

SOLEHA, SOLEHA PENGARUH STRATEGI IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH SOLEHA.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

PENGARUH STRATEGI IMPROVE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII Oleh : Soleha 1), Kamid 2), Husni Sabil 3) 1) Alumni Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) dan 3) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi Email : 1) ehaalin5566@gmail.com ABSTRAK Salah satu kemampuan matematika yang dikembangkan dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan penalaran matematik. Sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang memfasilitasi siswa dapat mengeksplorasi setiap masalah yang berkaitan dengan masalah matematika. Salah satu strategi pembelajaran yang memenuhi kriteria tersebut adalah strategi improve. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi improve terhadap kemampuan penalaran matematik dan mengetahui perbedaan kemampuan penalaran matematik siswa yang menggunakan strategi improve dengan strategi ekspositori. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah post-test design only. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII SMP Islam Al-Falah kota Jambi. Dimana kelas VIII3 kelas eksperimen I, kelas VIII4 kelas eksperimen II dan kelas VIII2 kelas kontrol. Instrumen yang digunakan soal post-test kemampuan penalaran matematik dan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan menggunakan anava (Analisis Varians) atau disebut uji-F. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat untuk uji-F nilai post-test dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan F0 > Ft yaitu 5,44 > 3,11 Sehingga F0 signifikan dengan taraf signifikan 5% dan P < 0,05. Hal ini berarti rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematik siswa yang menggunakan strategi improve memiliki perbedaan dengan rata-rata hasil tes kemampuan penalaran matematik siswa yang menggunakan strategi ekspositori. Maka dapat disimpulkan bahwa strategi improve berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematik siswa dikelas VIII SMP Islam Al- Falah Kota Jambi. Berdasarkan strategi improve yang diterapkan guru dan siswa terlihat dari aktivitas guru dan siswa pada lembar observasi, dimana hasil perhitungan dari dari aktivitas guru dan siwa berada pada kategori sangat baik dan baik. Sebaiknya Pembelajaran dengan strategi improve dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika khusunya pada materi lingkaran. Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematik, Strategi Improve.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SOLEHA
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:27
Last Modified: 16 Oct 2017 07:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item