PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS X SMA

FATIMAH, SITI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS X SMA. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
A1C210006-ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (644kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKANPENDEKATAN SCIENTIFIC MATERI GEOMETRI DI KELAS X SMA Siti Fatimah1), Zaimi Effendi2), Kamid2) 1) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi Email: fatimaharan07@gmail.com ABSTRAK Lembar kerja siswa merupakan suatu hal yang dapat mendukung proses kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan. Lembar kerja siswa dibuat menarik dan sistematis untuk membantu siswa memahami konsep materi yang diajarkan serta diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan lembar kerja siswa matematika berbasis pemecahan masalah menggunakan pendekatan scientific materi geometri di kelas X SMA yang memiliki validitas yang baik menurut ahli serta untuk mengetahui efektifitas penggunaan lembar kerja siswa terhadap aktifitas belajar, respon setelah belajar dan tes hasil belajar siswa. Penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation and Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) lembar validasi untuk ahli materi; (2) lembar validasi untuk ahli desain; (3) lembar tanggapan guru, (4) lembar tanggapan siswa, lembaran ini digunakan untuk menilai kevalidan LKS; (5) lembar observasi aktivitas siswa; (6) lembar respon siswa; (7) lembar soal post-test, lembaran ini digunakan untuk melihat keefektifan pembelajaran menggunakan LKS. Tahap pengembangan dilakukan kegiatan validasi LKS oleh ahli dan kegiatan uji coba produk. Validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli desain dengan rerata skor validasi 3,465 pada kategori “baik”. Tahap uji coba produk yang melibatkan uji coba perorangan melalui satu orang guru matematika dengan hasil penilaian 4,52 pada kategori “sangat baik”, uji coba kelompok kecil melibatkan sepuluh siswa non subjek penelitian dengan hasil penilaian 4,07 pada kategori “baik”, uji coba kelompok besar berjumlah 36 siswa non subjek dengan hasil penilaian 4,30 pada kategori “sangat baik”. Tahap implementasi dilaksanakan di kelas X MIA 2 SMAN 4 Kota Jambi berjumlah 37 orang siswa. Hasil analisis observasi aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah 83,1% dengan kategori “sangat baik”. Analisis hasil tes akhir materi geometri diperoleh rerata nilai post-test sebesar 79,97 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 81,08%, dan hasil rata-rata respon siswa terhadap penggunaan LKS mencapai 79,4% pada kategori “baik”. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran yang menggunakan lembar kerja siswa berbasis pemecahan masalah dan pendekatan scientific berjalan efektif. Kata Kunci : Pengembangan Lembar Kerja Siswa, Pemecahan Masalah, Scientific, Geometri, Matematika.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SITI FATIMAH
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:26
Last Modified: 16 Oct 2017 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item