FRISTY PESIK, YOLANDA (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Berdasarkan INQUIRY Terbimbing materi Osilator Pada Mata Kuliah Elektronika. S1 thesis, PENDIDIKAN FISIKA.
![]() |
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (20kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAM PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. Abstrak.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (401kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (186kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK Yolanda, Fristi Pesik. 2021. Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Inquiry Terbimbing Materi Osilator Pada MataKuliah Elektronika: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nehru, S. Si., M. T. (II) Wawan Kurniawan, S. Si., M. Cs. Kata kunci: Modul, Materi Osilator, Elektronika Fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan usaha sistematis dalam bentuk penjelasan-penjelasan yang dapat diuji dan mampu memprediksi gejala alam. Masalah yang terjadi di kelas adalah tidak terbukanya kesempatan bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi ilmunya secara mandiri karena keterbatasan bahan serta keterbatasan waktu. Oleh karena itu diperlukannya inovasi di dalam proses belajar yang dapat menunjang pembelajaran mandiri di rumah. Inovasi suatu pembelajaran dengan mengembangkan bahan ajar berupa Modul diharapkan mampu mengatasi permasalahan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendesain Modul berbasis untuk pembelajaran Elektronika yang menggunakan pada materi Osilator. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir Modul dan mengetahui persepsi siswa terhadap Modul matakuliah Elektronika yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian & pengembangan atau yang biasa dikenal dengan istilah R&D (Research & Development). Model prosedural yang digunakan dalam Penelitian dan pengembangan modul cetak adalah model ADDIE. Model ADDIE adalah model yang dikembangkan oleh Dick and Carry untuk mendesain sistem pembelajaran, dan merupakan singkatan dari Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery, and Evaluations. Modul yang telah disusun kemudian divalidasi oleh ahli media dan ahli materi untuk selanjutnya diujicobakan pada mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi yang sebelumnya telah mengontrak mata kuliah Elektronika serta dapat mengetahui tingkat kelayakan suatu Modul berdasarkan aspek-aspek yang telah ditentukan. Dari analisis data kuantitatif, hasil ujicoba secara keseluruhan “sangat baik’ dengan perolehan skor sebesar 1277. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan Modul Elektronika Materi Osilator Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Pengetahuan dapat digunakan sebagai bahan belajar mandiri maupun kelompok.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | YOLANDA FRISTI PESIK |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 06:38 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 07:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22393 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |