SETIYOWATI, RINA MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113024.pdf Download (443kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Stiyowati, Rina. 2017. Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian menggunakan Media Permainan Congklak pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Skripsi program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I. Dr. Yantoro, M.Pd. pembimbing II. Suci Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: kemampuan Operasi Hitung Perkalian, Media Permainan Congklak. Penelitian ini dilatar belakangi pada kenyataannya bahwa kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung masih perlu ditingkatkan. Hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran siswa belum memahami perkalian itu adalah penjumlahan berulang dan siswa masih kesulitan dalam mengoperasikan perkalain sehingga siswa lebih suka diam dan melihat catatan perkalian dalam sampul buku dan di dinding kelas. Guru hanya menegur siswa yang ketahuan melihat catatan tanpa memberikan tindakan dan dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media dalam mendorong siswa untuk lebih aktif dalam belajar sehingga interaksi siswa dengan guru kurang berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media permainan congklak dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian pada siswa kelas II SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi kemampuan berhitung siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan media permainan congklak. Penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan melalui media permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung. Berdasarkan lembar observasi kemampuan berhitung siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I kemampuan operasi hitung perkalian siswa 63,63% dikategorikan K (Kurang), meningkat pada siklus II menjadi 86,36% dikategorikan B (Baik). Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui media permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perklian siswa kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Rina Setiyowati |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 02:54 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 02:54 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2243 |
Actions (login required)
View Item |