DESAIN MODUL MATEMATIKA BELAJAR MANDIRI SOAL-SOAL PISA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

AMBAR WATI, IKA (2017) DESAIN MODUL MATEMATIKA BELAJAR MANDIRI SOAL-SOAL PISA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. DESAIN MODUL MATEMATIKA BELAJAR MANDIRI SOAL-SOAL PISA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA, 10.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.docx

Download (766kB)
[img]
Preview
Image
image10.png

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image3.png

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image9.png

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image5.png

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image6.png

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image4.png

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image1.png

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image11.png

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image2.png

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image7.png

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Image
image8.png

Download (31kB) | Preview

Abstract

DESAIN MODUL MATEMATIKA BELAJAR MANDIRI SOAL-SOAL PISA UNTUK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Oleh: Ika Ambar Wati1), Zaimi Efendi2), Sofnidar2) 1)Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2)Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi Email: 1)ikaambar_wati@yahoo.com ABSTRAK Bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran, bahan ajar membantu siswa dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, guru harus mampu menciptakan pelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam belajar.Handout merupakan bahan ajar cetak yang bersumber dari beberapa literatur yang relevan terhadap kompetensi dasar materi pokok yang diajarkan kepada siswa (Prastowo, 2013:79).Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik ke dalam handout dapat melibatkan siswa secara kelompok untuk aktif dalam pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkanprodukhandout matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan saintifik pada materi trigonometri di kelas X SMA serta untuk mengetahui efektifitas dari handout tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Mengembangkan bahan ajar cetak berupa handout.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli isi/materi, desain media dan desain pembelajaran, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar.Setelah handout dibuat, handout divalidasi oleh tim ahli materi dan ahli desain media hingga handout dinyatakan layak untuk diujicobakan. Setelah handout divalidasi dan direvisi, selanjutnya dilakukan ujicoba.Ujicoba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian.Selanjutnya handout tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelasX MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Jambi. Dari lembar observasi aktifitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa 79,01% termasuk dalam kategori “baik”. Dari hasil analisis post-test diperoleh 81,82% nilai siswa mencapai KKM. Dan hasil analisis dari angket persepsi siswa menunjukkan 81,21% dengan kategori “sangat baik”. Handout menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan pendekatan santifik meningkatkan efektivitas hasilbelajar siswa.Sehingga handout ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMAkhususnya pada pembelajaran Trigonometri. Kata Kunci: Pengembangan Handout Matematika, Jigsaw, Pendekatan Saintifik, Trigonometri

Type: Article
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: IKA AMBAR WATI
Date Deposited: 17 Oct 2017 02:54
Last Modified: 17 Oct 2017 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2244

Actions (login required)

View Item View Item