HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI

RESKYKA PUTRI ABMI, AYU HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
artikel ayu.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorang harus memiliki Intelligence Quotient yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang akan memudahkan dalam belajar dan pada gilirannya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Menurut Goleman (2002), kecerdasan intelektual hanya menyumbang 20% bagi kesuksesan, sedangkan 80% adalah sumbangan faktor kekuatan-kekuatan lain, diantaranya adalah kecerdasan emosional atau Emotional Quotient (EQ) yakni kemampuan memotivasi diri sendiri, mengatasi frustasi, mengontrol desakan hati, mengatur suasana hati (mood), berempati serta kemampuan bekerja sama. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jenis korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional sedangkan hasil belajar sebagai variable terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA Negeri Se-Kota Jambi yang berjumlah 318 siswa. Sampel penelitian adalah 147 siswa, menggunakan metode kouta sampling. Angket yang digunakan adalah angket yang telah valid. Dan untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan soal tes hasil belajar yang terdiri dari materi pengukuran, vektor ,gerak dan gerak melingkar.Hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien didapatkan nilai korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar adalah 0,356 , karna 0,356 <0,5 artinya ada korelasi tetapi lemah antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Untuk uji hipotesis dipeoleh hasil karna thitung > t tabel atau 12,042 > 1,977 maka H0 ditolak. Atau dapat dikatakan ada korelasi yang nyata antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar fisika pada siswa kelas X MIA SMA Negeri Se-Kota Jambi. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: AYU RESKYKA PUTRI
Date Deposited: 17 Oct 2017 04:14
Last Modified: 17 Oct 2017 04:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2245

Actions (login required)

View Item View Item