Junaidi, Junaidi (2021) KINERJA BALAI PENGAWAS OBAT DAN MAKANAN PROVINSI JAMBI DALAM MENGAWASI PEREDARAN PANGAN JAJANAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI. S1 thesis, Ilmu Pemerintahan.
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
COVER JJUN.pdf Download (49kB) |
|
Text
Lembar Pengesahan Skripsi Junaidi.pdf Download (408kB) |
|
Text
BAB I SKRIPSI JUNAIDI.pdf Download (289kB) |
|
Text
BAB 1V SKRIPSI JUNAIDI.pdf Download (88kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI JUNAIDI.pdf Download (172kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi mengenai peredaran pangan jajanan anak sekolah. Produk jajanan anak memang memiliki banyak keunggulan dari segi rasa dan harga, akan tetapi jajanan tersebut diduga masih beresiko terhadap kesehatan. Proses pengolahan yang tidak higienis, adanya campuran pengawet, dan lain sebagainya mengakibatkan produk jajanan anak perlu dihindari dan dikurangi konsumsinya. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merupakan lembaga pemerintah yang bertugas melakukan regulasi, standarisasi, dan sertifikasi produk makanan serta obat. Pada penelitian ini menjelaskan tentang jenis pengawasan dan seberapa efektif pengawasan yang dilakukan BPOM Provinsi Jambi dalam mengawasi peredaran pangan jajanan anak sekolah. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan memaparkan dan menggambarkan situasi melalui data yang diperoleh dilapangan dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data berupa hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Balai Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Jambi. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer melalui informan, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder yang diperoleh dari kantor BPOM Provinsi Jambi dalam bentuk dokumen maupun peraturan - peraturan yang terkait dengan peredaraan pangan olahan. Dari hasil penelitian ini meunjukan bahwa bentuk pengawasan yang sudah dilakukan oleh BPOM Provinsi Jambi dalam mengawasi peredaran pangan jajanan anak sekolah adalah sudah menjalankan standard operational procedure atau SOP sesuai aturan kepala BPOM baik secara pre market maupun post market. Pengusaha sebagai penyedia barang dan jasa kurang memperhatikan kewajibannya dan hak-hak konsumen, begitu juga masyarakat tidak terlalu mempedulikan haknya sebagai konsumen. Padahal dalam Undang – Undang Perlindungan Konsumen dinyatakan secara rinci hak-hak masyarakat selaku konsumen. Kata Kunci : Efektivas, Kinerja, Pengawasan, Anak Sekolah
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | JUNAIDI |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:31 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22466 |
Actions (login required)
View Item |