PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 206/IV KOTA JAMBI

oktamaroza, oktamaroza (2021) PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 206/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (112kB)
[img] Text
2. Lembar Persetujuan.pdf

Download (152kB)
[img] Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (170kB)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Oktamaroza. 2021 Problematika Guru Terhadap Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 206/IV Kota Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas III pada masa pandemi Covid 19; 2) mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu pada masa pandemi Covid 19; 3) mengetahui upaya yang ditempuh dalam mengatasi problematika guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu di kelas III pada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri 206/IV Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumen. Teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tematik terpadu di kelas III pada masa pandemi covid-19 telah dipersiapkan dan dilaksanakan guru secara maksimal namun hasilnya belum optimal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat lima problematika guru yang menyebabkan hasil belajar belum optimal yaitu: 1) belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai; 2) Guru kesulitan dalam membuat rencana pembelajaran daring; 3) guru kesulitan dalam penilaian daring; 4) jaringan internet (kurang stabilnya jaringan dan terbatasnya kuota); 5) keterbatasan kemampuan guru menggunakan teknologi. Upaya yang ditempuh untuk mengatasi problematika pelaksanaan pembelajaran tematik di masa daring yaitu: 1) Guru harus memiliki smartphone dengan memori besar agar dapat mengunduh berbagai aplikasi pembelajaran; 2) Sekolah menyediakan fasilitas (laptop & wifi) untuk menunjang pembelajaran daring; 3) Guru mengikuti pelatihan-pelatihan penyusunan administrasi pembelajaran daring; 4) Guru mengunduh RPP dan silabus dari internet dan menyesuaikan dengan keadaan sekolah; 5) Guru bersikap toleransi untuk siswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran daring dengan memberi solusi pembelajaran luring, yaitu mengambil tugas satu minggu sekali ke sekolah. Kata kunci : Problematika guru, Pembelajaran Tematik Terpadu, Pandemi Covid-19

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: OKTAMAROZA
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:49
Last Modified: 07 Jul 2021 04:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22500

Actions (login required)

View Item View Item