ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN JENIS MASALAH STRATEGIC PERFORMANCE TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 2 KOTA JAMBI

Amelia, Dessy Rizki ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN JENIS MASALAH STRATEGIC PERFORMANCE TERHADAP KREATIVITAS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SMAN 2 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL DESSY RIZKI AMELIA.pdf

Download (669kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model dalam kegiatan pembelajaran mempengaruhi kreativitas dan hasil belajar siswa. Guru disekolah telah berupaya meningkatkan kreativitas siswa dengan cara menerapkan berbagai berbagai model pembelajaran agar hasil belajar siswa sesuai yang diharapkan, namun dikarenakan penerapannya belum maksimal sehingga kreativitas siswa juga belum berkembang dan meningkat secara maksimal. Alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas siswa dengan memilih fokus jenis masalah Strategic Performance dan dapat melihat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yakni model Group Investigation (GI).Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan model GI dengan jenis masalah strategic performance dalam meningkatkan kreativitas siswa pada materi hidrolisis garam dikelas XI MIA SMAN 2 Kota Jambi.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model urutan penemuan (sequential exploratory). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Terdapat satu kelas yang digunakan sebagai sampel yaitu kelas XI MIA 2. Instrument penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model GI baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay siswa. Korelasi keterlaksanaan model GI dengan kreativitas siswa dicari dengan korelasi produk momen.Keterlaksanaan model GI oleh guru dan siswa telah terlaksana sesuai prinsip model GI setiap pertemuannya. Korelasi keterlaksanaan model GI dengan kreativitas dikategorikan sedang dengan rata-rata 0,46.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model GI dalam pembelajaran Hidrolisis garam di kelas XI MIA 2 SMAN 2 Kota Jambi sudah terlaksana dengan baik oleh guru dan siswa serta telah meningkatkan kreativitas siswa meskipun belum maksimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DESSY RIZKI AMELIA
Date Deposited: 17 Oct 2017 08:08
Last Modified: 17 Oct 2017 08:08
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2251

Actions (login required)

View Item View Item