IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK SMA NEGERI 4 TEBO DI MASA PANDEMI COVID -19

IKBAL, M (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK SMA NEGERI 4 TEBO DI MASA PANDEMI COVID -19. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI _ M IKBAL _K1A117076 CETAK REOSITORI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (562kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK M ikbal, 2021 : “IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PJOK SMA NEGERI 4 TEBO DI MASA PANDEMI COVID-19”.Pembimbing: 1. Dr. Sukendro, M.Kes, AIFO 2. Adhe Saputra, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: blended learning, tatap muka dan online Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pjok SMA NEGERI 4 TEBO di masa pandemi covid- 19. Penelitian ini dilaksanakan di SMA NEGERI 4 TEBO di kelas XI IPS 2 pada Februari-maret 2021. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang implementasi model pembelajaran blended learning yang diperoleh melalui metode wawancara dan observasi sebagai data utama dan dokumentasi sebagai data penunjang. Dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru PJOK dan siswa kelas XI IPS 2. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran blended learning di SMA NEGERI 4 TEBO pada masa pandemi covid-19 sudah terlaksana dimulai dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru seperti perangkat pembelajaran, mengatur jadwal pembelajaran antara tatap muka dan online, dan bahan ajar untuk pembelajaran blended learning. Pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan sintaks blended learning yaitu seeking of information, acquisition of information dan shyntesizing of knowledge yang dilakukan baik pada pembelajaran online maupun tatap muka. Penilaian pembelajaran blended learning meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diamati pada pembelajaran online dan tatap muka dengan cara-cara tertentu. Adapun kendala dalam penerapan model blended learning adalah akses internet yang tiba- tiba mengalami gangguan pada saat melakukan pembelajaran online. Sedangkan pada pembelajaran tatap muka terkadang masih ada siswa yang lupa memakai protokol kesehatan seperti masker. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa implementasi model blended learning pada mata pelajaran PJOK dapat dilihat melalui kegiatan perencanaan bahwa guru sudah menyiapkan perangkat pembelajaran, jadwal dan bahan ajar. Pada kegiatan pelaksanaan sudah sesuai dengan sintaks blended learning. Pada kegiatan penilaian dilakukan secara tatap muka dan online.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Olahraga dan Kesehatan
Depositing User: M. Ikbal
Date Deposited: 21 Jul 2021 03:37
Last Modified: 21 Jul 2021 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22513

Actions (login required)

View Item View Item