Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Laju Reaksi

Benanda, Andi Wahyu Arya (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Laju Reaksi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
FILE SKRIPSI ANDI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (187kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (559kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan.pdf

Download (276kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (290kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran khususnya pembelajaran kimia saat ini. Pembelajaran sebagai bahagian dari pendidikan yang pada saat Covid-19 menjadikan pembelajaran dilakukan secara dalam jaringan (daring). Satu diantara media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran ditengah pandemi Covid-19 ialah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif. Pengembangan media pembelajaran interaktif ini diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif dan mengetahui penilaian guru dan respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran interaktif pada materi laju reaksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun tahapan model ini, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil dari peneitian ini adalah sebuah bahan ajar berupa media pembelajaran interaktif yang telah melalui tahap validasi ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing memperoleh rerata skor sebesar 4,38 (Sangat Layak); 4,78 (Sangat Layak); dan 4,72 (Sangat Layak). Selanjutnya pada respon siswa mendapatkan rerata skor 4,69 (Sangat Baik). Berdasarkan hasil pengembangan melalui validasi oleh ahli dan penilaian guru diperoleh bahwa media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat layak untuk diuji cobakan dan hasil respon siswa secera keseluruhan menyatakan sangat baik untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Benanda
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:18
Last Modified: 12 Jul 2021 03:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22514

Actions (login required)

View Item View Item