YANI, FITRI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DAN MEDIA CAMTASIA STUDIO 8 PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI KELAS X SMA ISLAM AL-ARIEF MUARO JAMBI. jurnal pendidikan kimia.
|
Text
ARTIKEL FITRI pdf.pdf Download (507kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fitriyani. 2017. Pembelajaran Menggunakan Media 3D PageFlip Professional dan Media Camtasia Studio 8 pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. rer.nat Muhaimin, S.Pd., M.Si Pembimbing II Prof. Dr. M. Rusdi, S.Pd., M.Sc Kata kunci: Hasil Belajar, Media 3D PageFlip Professional, Media Camtasia Studio 8. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran memiliki kontribusi dalam meningkatkan mutu dan kualitas pengajaran. Dengan menggunakan media dapat membantu keterbatasan guru dalam menyampaikan informasi maupun keterbatasan jam pelajaran dikelas. Penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran diharapkan dapat menciptakan kondisi belajar yang efektif dan efisien, lebih menarik perhatian, mengurangi kejenuhan siswa dalam proses pembelajaran dan mempermudah siswa menguasai materi pelajaran. Maka media 3D PageFlip Professional dan media Camtasia Studio 8 merupakan alternatif media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi yang diajarkan dengan media 3D PageFlip Professional dan media Camtasia Studio 8 pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Jenis penelitian ini adalah penelitian Poor Experimental Design yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang diberikan perlakuan berbeda. Desain penelitian yang digunakan adalah The static-group comparison design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive sampling dan diperoleh kelas X2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X3 sebagai kelas pembanding. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes akhir (Posttest) kepada kedua kelas sampel. Setelah hasil tes akhir diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t yaitu uji pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen sebesar 79,23 dan 8,09 pada kelas pembanding sebesar 70,96 dan 6,64. Pengujian hipotesis dihitung dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi α = 0,05 didapat thitung > ttabel dimana thitung = 4,030 dan ttabel =1,676. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media 3D PageFlip Professional lebih baik daripada media Camtasia Studio 8 terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | FITRIYANI |
Date Deposited: | 17 Oct 2017 08:08 |
Last Modified: | 17 Oct 2017 08:08 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2252 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |