PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SHOLEH, MUHAMMAD PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS BUDAYA LOKAL SUB TEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH-A1D113004.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

ABSRAK Sholeh, Muhammad. 2017, “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Budaya Lokal Sub Tema Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Dra. Hj. Destrinelli, M.Pd. (II) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: media Pop-Up, PPKn, Budaya Lokal. Pengembangan media pembelajaran merupakan salah satu sarana guna membantu memudahkan proses pembelajaran. Media merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dirancang sesuai dengan tuntutan kurikulum, karakteristik sarana serta tuntutan pemecahan masalah belajar, dan media tertentu yang telah dibuatkan formulanya. Penggunaan media akan membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Melalui penggunaan media yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran maka tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Untuk itu dalam mengembangan media dapat dilakukan dengan cara pengemasan kembali informasi yang berasal dari buku-buku teks SD, modul, selain itu informasi dapat diperoleh melalui internet, majalah ilmiah, jurnal penelitian maupun lingkungan sekitar yang berhubungan dengan materi. Informasi-informasi tersebut kemudian dikemas ke dalam bentuk media yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media Pop-Up Book, untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran Pop-Up Book berbasis budaya lokal. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisys, design, development, implementation, evaluation). Penelitian ini menghasilkan media Pop-Up berbasis budaya lokal sebagai sarana untuk mempermudah guru dalam menyampaikan materi, dan memberikan pengalaman kepada peserta didik dalam proses pembelajaran yang tujuannya memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran. Media ini dapat digunakan secara kelompok maupun mandiri. Hasil dari penelitian pengembangan media Pop-Up Book berbasis budaya lokal siswa kelas IV Sekolah Dasar adalah (1) Media Pop-Up berbasis budaya lokal terdapat materi ajar yang memiliki bagian yang dapat bergerak dengan unsur dua dimensi. (2) Memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 97 % dengan kategori “sangat baik”, untuk hasil uji ahli media mencapai tingkat kevalidan 91 % dengan kategori “sangat baik” dan layak diuiji cobakan. Setelah diperoleh hasil validasi selanjutnya dilakukan uji coba kelompok kecil dan wawancara yang dilakukan untuk mengetahui kepraktisan dari media Pop-Up berbasis budaya lokal siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan uji coba yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media Pop-Up yang dikembangkan memiliki kualifikasi tingkat kevalidan yang tinggi, sehingga media ini layak digunakan dalam pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhammad Sholeh
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:41
Last Modified: 18 Oct 2017 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2257

Actions (login required)

View Item View Item