PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI T.A 2014

PANGESTUTI, RESTI PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI T.A 2014. PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN SIKAP BERWIRAUSAHA TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS JAMBI T.A 2014. (Submitted)

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH RESTI.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK “Motivasi berwirausaha merupakan dorongan yang kuat pada diri seseorang untuk melakukan sesuatu pada persoalan-persoalan tertentu yang dalam hal ini adalah berwirausaha. Motivasi berwirusaha pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi dianggap kurang mencapai yang diharapkan. Salah satu faktor penyebabnya adalah dikarenakan kurangnya sikap berwirausaha yang masih belum tertanam pada mahasiswa, serta dilihat dari data nilai tersebut didapatkan bahwa mahasiswa mendapat nilai dengan standar rata-rata. Fenomena rendahnya motivasi anak muda untuk berwirausaha ini menjadi pemikiran serius bagi berbagai pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dan sikap berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan Universitas Jambi T.A 2014 Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan tergolong pada penelitian Ex-Post Facto. Responden dalam penelitian ini berjumlah 64 mahasiswa. Data variabel sikap berwirausaha (X2) dan motivasi berwirausaha (Y) dikumpulkan melalui angket dan disusun berdasarkan indikator variabel. Untuk variabel pendidikan kewirausahaan diambil dari nilai semester mata kuliah kewirausahaan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 Universitas Jambi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan SPSS versi 21.0. diperoleh thitung variabel X1=2,844 dan X2=6,954 sedangkan ttabel=2,000 jadi thitung>ttabel. Dalam pnelitian ini menggunakan tingkat signifikansi 0,05, maka signifikansi X1=0,00 dan X2=0,00 menunjukkan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh antara variabel pendidikan kewirausahaan (X1) terhadap Motivasi Berwirausaha (Y), sikap berwirausaha (X2) terhadap motivasi berwirausaha (Y) diterima. Untuk menjawab hipotesis ketiga, dilakukan pengujian secara bersama-sama yakni pengaruh pendidikan kewirausahaan (X1) dan sikap berwirausaha (X2) terhadap motivasi berwirausaha (Y) terdapat pengaruh dengan nilai Fhitung =31.236 > Ftabel = 3,14) dan Rsquare sebesar 0,506 atau 50,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kewirausahaan dan sikap berwirausaha terhadap motivasi berwirausaha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan Universitas Jambi T.A 2014. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan kepada mahasiswa agar dapat meningkatkan pendidikan kewirausahaan dan sikap berwirausaha karena kedua variabel ini berpengaruh terhadap motivasi berwirausaha.

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: RESTI PANGESTUTI
Date Deposited: 18 Oct 2017 03:41
Last Modified: 18 Oct 2017 03:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2258

Actions (login required)

View Item View Item