Identifikasi motivasi belajar siswa secara online pada mata pelajaran fisika di SMAN 11 Muaro Jambi

Nurdini, Shania and Hidayat, M and dani, rahma (2021) Identifikasi motivasi belajar siswa secara online pada mata pelajaran fisika di SMAN 11 Muaro Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (183kB)
[img] Text
Bab1.pdf

Download (316kB)
[img] Text
Bab5.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Dafus.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi motivasi belajar siswa secara online pada mata pelajaran fisika di SMAN 11 Muaro jambi tahun ajaran 2020/202. Saat ini di Indonesia sedang mengalami pandemic covid-19, dimana segala kegiatan harus dilakukan secara terbatas, terutama dalam hal interaksi, seperti dalam pendidikan, salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menerapkan kegiatan pembelajaran online atau daring. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMAN 11 Muaro Jambi diketahui bahwa kurangnya minat dan semangat siswa dalam belajar fisika secara online. Hal ini terlihat saat pembelajaran berlangsung siswa banyak yang tidak aktif dalam proses pembelajaran. Beberapa siswa mengatakan belajar fisika merupakan mata pelajaran yang sulit dipahani karena terdapat rurus-rumus dan perhitungan sederhana. Kurangnya antusias siswa dalam belajar fisika mengakibatkan hasil bselajar siswa rendah terutaman di SMAN 11 Muaro jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Muaro Jambi pada bulan April 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan instrumen berupa angket motivasi belajar secara online pada mata pelajaran fisika secara langsung. Setelah angket diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan siswa tergolong sudah memiliki motivasi belajar yang tinggi, hanya ada sebagian siswa yang masih memiliki motivasi belajar yang rendah. Dilihat dari persentase motivasi belajar siswa secara online yaitu pada aspek dorongan mencapai sesuatu diperoleh sebesar 37,5% dengan kategori setuju, serta pada aspek komitmen persentase sebesar 45% dengan setuju, selanjutnya pada aspek inisiatif dengan kategori setuju sebesar 36,25% dan persertase 40% dengan kategori ragu-ragu pada aspek optimis. Dari hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang sejenis ataupun pengembangannya agar terciptanya siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi agar proses pembelajaran terlaksana dengan baik.

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, motivasi belajar siswa secara online, fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: shania nurdini
Date Deposited: 23 Jul 2021 03:32
Last Modified: 23 Jul 2021 03:32
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22582

Actions (login required)

View Item View Item