Rahmadani, Dwi Nur (2021) Pengaruh antar Kepercayaan Diri dan Keaktifan dalam Organisasi Mahasiswa terhadap Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Dwi Nur Rahmadani A1A217017 Pend Sejarah-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI DLL.pdf Download (141kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (113kB) |
Abstract
Rahmadani, Dwi Nur. 2021. Pengaruh antar Kepercayaan Diri dan Keaktifan dalam Organisasi Mahasiswa terhadap Kemampuan Public Speaking pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi. (II) Anny Wahyuni, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Organisasi Mahasiswa, Public Speaking Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi mahasiswa dengan kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi pada Mei 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi (Sebagai data utama). Setelah angket diisi, data dianalisis secara kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi karena nilai thitung (16,960) > ttabel (1,65) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi kepercayaan diri maka akan mengakibatkan kemampuan public speaking semakin tinggi pula. (2) terdapat pengaruh keaktifan dalam organisasi mahasiswa terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi karena nilai thitung (10,534) > ttabel (1,65) dan nilai probabilitas signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin aktif mahasiswa dalam organisasi maka akan meningkat pula kemampuan public speakingnya. (3) terdapat pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi mahasiswa terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi karena nilai fhitung (158,562) > ftabel (3,06) dan nilai probabilitas signifikansinya 0,000 < 0,05. Ini berarti semakin tinggi kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi mahasiswa maka akan mengakibatkan kemampuan public speaking semakin meningkat. Besarnya pengaruh kepercayaan diri dan keaktifan dalam organisasi mahasiswa terhadap kemampuan public speaking pada mahasiswa Pendidikan sejarah Universitas Jambi adalah sebesar 68,8% sisanya 31,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel penelitian. Dari hasil penelitian ini disarankan agar dosen turut mendukung mahasiswa agar aktif dalam organisasi serta tidak lagi hanya berfokus pada model, media, ataupun metode pembelajaran melainkan juga harus memperhatikan psikis dan mental mahasiswa yang dapat mempengaruhi sikapnya selama di kelas sehingga tidak ada anggapan bahwa mahasiswa yang kurang aktif ketika tampil di depan kelas adalah mahasiswa yang kurang pandai dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | DWI NUR RAHMADANI |
Date Deposited: | 16 Jul 2021 02:33 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 02:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |