ULFA, ZAHARA CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI TINGGI KELAS VI DI SDN 33/I SUNGAI RENGAS. CARA BELAJAR SISWA BERPRESTASI TINGGI KELAS VI DI SDN 33/I SUNGAI RENGAS. (In Press)
|
Text
A1D111212 - ARTIKEL.pdf Download (219kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Memiliki cara belajar yang baik maka setiap usaha belajar akan memberikan hasil yang baik juga. Kebiasaan yang baik haruslah ditanamkan dan dikembangkan disetiap siswa. Cara-cara dalam belajar bukan sesuatu yang sudah ada, tetapi sesuatu yang harus dibuat. Jika cara belajar siswa tidak sesuai atau kurang tepat maka akan mendapat hasil yang tidak optimal dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar siswa berprestasi tinggi kelas VI di SD Negeri 33/I Sungai Rengas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 33/I Sungai Rengas. Pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi teknik untuk memperolah keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa cara belajar siswa berprerstasi adalah membuat jadwal waktu belajar setiap malam hari jika besok ada jadwal pelajaran yang akan diajarkan oleh guru selama 1 jam, membaca buku dan membuat catatan pelajaran mengenai hal-hal yang penting ditulis dengan menarik agar dapat memudahkan ketika dipelajari kembali. Mengikuti pelajaran dikelas dengan memperhatikan, mendengarkan, mencatat penjelasan dan bertanya materi yang belum jelas kepada guru. Siswa mengulangi pelajaran dengan membaca buku ringkasan dan menghafal pelajaran hanya pada materi tertentu tujuannya untuk mengingat materi dalam pikiran. Ketika mengerjakan tugas siswa mengerjakan sendiri tugasnya karena jawaban dari pertanyaan kadang mengarang jadi yang penting dijawab pokok intinya saja. Kata kunci : Cara Belajar, Siswa Berprestasi
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Zahara ulfa |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 07:17 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2263 |
Actions (login required)
View Item |