PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA/MA KELAS XI

Fitri, Hammiyati PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA/MA KELAS XI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
hammiyati fitri (a1c313021).pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS SMA/MA KELAS XI Hammiyati Fitri1), Maison 2), dan Dwi Agus Kurniawan3) 1)Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi 2)3)Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Email: hammiyatif@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pada materi momentum dan impuls mata pelajaran Fisika dan mengetahui persepsi siswa terhadap e-modul yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model Borg dan Gall. Tahapan penelitian meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk dan produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 11 Muaro Jambi. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi media dan materi serta angket persepsi siswa. Teknik analisis hasil observasi awal dan saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi). Teknik analisis angket validasi dan persepsi dilakukan secara statistik deskriptif (mean, standar deviasi), kemudian digunakan rumus modifikasi skala likert menjadi 4 kriteria penilaian. E-modul dikembangkan menggunakan aplikasi 3D Pageflip Professional dengan format akhir program exe dan kerangka modul tediri dari cover modul, peta kedudukan modul, kegiatan pembelajaran per sub bab dengan contoh dan latihan soal serta tes formatif akhir, memuat materi, video, animasi, simulasi. Keunggulan dari e-modul ini yaitu dapat langsung dijalankan,video yang ditampilkan berbentuk tiga dimensi, dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh, dan memuat tes formatif akhir sebagai pengukur kemampuan siswa. Adapun kekurangannya yaitu simulasi masih belum terdapat pada semua materi belajar, serta belum adanya petunjuk penggunaan terhadap animasi dan simulasi. Hasil validasi ahli media dan materi masing-masing sebesar 3.68 dan 3.1 dengan kategori baik. Hasil analisis persepsi siswa diperoleh skor rata-rata indikator keseluruhan adalah 3.45 yang dikategorikan baik. Kata Kunci: Modul Elektronik, Momentum dan Impuls

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HAMMIYATI FITRI
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:48
Last Modified: 18 Oct 2017 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2266

Actions (login required)

View Item View Item