PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PREZI UNTUK MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI

Carollina, Sherly PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PREZI UNTUK MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI SMAN 11 KOTA JAMBI. Jurnal Pendidikan Kimia.

[img]
Preview
Text
Artikel Ilmiah Sherly.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Carollina, Sherly 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Prezi Untuk Materi Sistem Koloid Kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Epinur, M.Si., Pembimbing (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Software Prezi, Sistem Koloid Proses pembelajaran dapat lebih dinamis dan akan mencapai sasaran yang diinginkan jika ditambahkan alat bantu seperti media pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan manfaat yaitu dapat memvisualisasikan konsep kimia yang abstrak sehingga menjadi lebih konkrit, sederhana dan mudah untuk dipahami, salah satunya ialah dengan mengembangkan media Software Prezi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Software Prezi untuk materi sistem koloid dan untuk mengetahui respon siswa terhadap media dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi. Selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil, terdiri dari 10 siswa kelas XI SMAN 11 Kota Jambi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran yang dibuat menggunakan Software Prezi untuk materi sistem koloid. Dari hasil angket validasi media dan materi diperoleh skor masing-masing, yaitu skor media 66 dan skor materi 70. Kemudian dari angket respon guru diperoleh presentase 90% (sangat baik) sehingga multimedia yang dikembangkan layak diuji cobakan. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh presentase 86.1% (sangat baik). Berdasarkan proses pengembangan dari hasil validasi media, materi dan hasil penelitian, secara keseluruhan disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SHERLY CAROLLINA
Date Deposited: 19 Oct 2017 01:13
Last Modified: 19 Oct 2017 01:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2268

Actions (login required)

View Item View Item