PARDIANSYAH, RIKO (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMBI. S2 thesis, Pasca Sarjana Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KOTA JAMB1.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
ABSTRAK Riko Pardiansyah.2021. Analisis Kemampuan Pemecaha Masalah Matemtika Siswa Berdasarkan Kemampuan Metakognisi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi Pembimbing (I) Dr. Kamid, M.Si, (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si, Ph.D Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Metakognisi Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kemampuan metakognisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi yang berjumlah 25 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan kemampuan metakognisi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Jambi secara umum baik (sebanyak 24% kategori tinggi, 44% kategori sedang dan 32% kategori rendah). Sebagian kecil siswa telah menggunakan langkah-langkah polya dalam memecahkan masalah yang diberikan. Sementara sebagian lainnya hanya sampai pada tahapan merencanakan atau melaksanakan, tidak sampai pada tahapan evaluasi. Analisis hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap subjek dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi menunjukkan aktivitas metakognisi (kesadaran, regulasi dan evaluasi) terlihat pada setiap tahapan pemecahan masalah. Sedangkan siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah sedang dan rendah, aktivitas metakognisi (kesadaran, regulasi dan evaluasi) hanya terlihat sampai pada tahapan melaksanakan.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | RIKO PARDIANSYAH |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 03:36 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 03:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22684 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |