Amin, Khairul (2021) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS DITINJAU DARI GENDER. S2 thesis, Pasca Sarjana Pendidikan Matematika.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (415kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
Abstract
ABSTRAK Khairul Amin. 2021. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Newman Error Analysis Ditinjau dari Gender. Pembimbing (I) Dr. Kamid, M.Si, (II) Ir. Bambang Hariyadi, M.Si, Ph.D Kata Kunci : Masalah Kontekstual, Newman Error Analysis (NEA), Gender Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual berdasarkan Newman Error Analysis ditinjau dari gender. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam menentukan subjek penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih dan memilah subjek yang memenuhi kreteria yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini berjumlah 6 orang dari 30 orang siswa kelas VIII F SMPN 7 Muaro Jambi, masing-masing terdiri atas 2 orang siswa ketegori kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Pengelompokkan didasarkan nilai ulangan materi bangun ruang sisi datar lalu peneliti mengolah data tersebut dengan cara mengelompokkan berdasarkan kemampuan matematika kontekstual siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kesalahan yang dilakukan pada subjek laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual, siswa laki-laki dan perempuan melakukan kesalahan yang sama. Berupa kesalahan memahami (comprehension error) yaitu tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal, kesalahan transformasi (transformation error) yaitu salah dalam menentukan metode/rumus yang tepat dalam menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses (process skill error) yaitu salah dalam melakukan komputasi/perhitungan dalam menyelesaikan soal dan kesalahan sebelumnya, dan kesalahan penulisan jawaban akhir (encoding error) yaitu tidak menuliskan kesimpulan jawaban akhir dan menuliskan jawaban akhir tetapi tidak tepat. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan masalah matematika kontekstual juga cenderung sama. Berupa tidak memahami masalah dalam soal, tidak memahami materi, kurang teliti/ceroboh, dan kesalahan tahap sebelumnya. Hanya saja yang membedakan siswa perempuan memenuhi faktor tidak terbiasa menuliskan apa yang diketahui dan ditanya pada soal sedangkan siswa laki-laki tidak memenuhi faktor tersebut.
Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AMIN |
Date Deposited: | 12 Jul 2021 03:38 |
Last Modified: | 12 Jul 2021 03:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |