LINA, LINA PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI. PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN KLASIKAL DI TK KECEMATAN DANAU KERINCI. (Submitted)
|
Text
ARTIKEL LINA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Lina. A1F113018. 2017. “Pelaksanaan Model Pembelajaran Klasikal Di TK Kecematan Danau Kerinci”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs H. Hendra Sofyan, M.Si (2) Nyimas Mu’azzomi, S.Ag,. M.Pd.I Kata Kunci: Pelaksanaan Model Pembelajaran Klasikal Pelaksanaan model pembelajaran klasikal yang diterapkan pada lembaga PAUD belum seutuhnya mengacu menu pembelajaran kurikulum 2013. Kemudian dimana tenaga mengajar PAUD masih minim, ada dari lulusan SMP dan SMA sederajat atau pun sarjana yang bukan lulusan PAUD sehingga dalam praktiknya tidak berjalan dengan optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran klasikal di TK kecematan danau kerinci. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan informan penelitian yaitu TK yang berada di Kecematan Danau Kerinci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara; Angket, Observasi, dan Wawancara. Analisis data angket dan observasi menggunakan teknisk statistik dan wawancara menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian dari angket menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran klasikal berada pada kualitas “Baik” dengan hasil persentase 81% . pada indikator settingan kelas hasil persentase 75%, pada indikator persiapan mengajar hasil persentase 77%, pada indikator proses pelaksanaan hasil persentase 93%. Sedang kan dari hasil Observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran klasikal berada pada kualitas “baik” dengan hasil persentase 83%. Pada indikator settingan kelas hasil persentase 64%, pada indikator persiapan mengajar hasil persentase 32%, pada indikator proses pelaksanaan hasil persentase 70 %. Hasil dari wawancara bahwa sekolah sudah menerapkan model pembelajaran klasikal dengan baik. Settingan kelas terlihat bahwa sebagian besar sudah memadai untuk pembelajaran dikelas. Persiapan mengajar terlihat bahwa belum menggunakan kurikulum terbaru (K13), standar kurikulum, program tahunan dan semester,RPPM dan RPPH. Proses pelaksanaan terlihat bahwa guru sudah melaksanakan langkah-langkah kegiatan awal, kegiatan inti, istirahat dan kegiatan penutup. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran klasikal di TK kecematan danau kerinci dapat kita lihat dari hasil Angket dan Observasi yang berada pada kualitas “Baik”. Dan juga diperkuatkan dengan hasil wawancara. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran klasikal di TK yang berada di kecamatan danau kerinci sehingga lebih baik untuk kedepannya agar dapat mengoptimalkan seluruh perkembangan anak.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | LINA |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 02:50 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 02:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2273 |
Actions (login required)
View Item |