Saifuddin, Muhammad Rifky (2021) Pengembangan Majalah Digital Interaktif Berbasis Multipel Representasi Kimia Materi Ikatan Kimia di SMA Kelas X MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI_M. RIFKY SAIFUDDIN_A1C117080.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (97kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
Abstract
Ilmu kimia merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mencakup berbagai istilah dan konsep yang bersifat abstrak, saling berkaitan, dan tidak sedikit yang melibatkan beberapa ilmu lainnya. Konsep atau pengetahuan kimia dapat direpresentasikan pada beberapa level representasi yang juga dikenal sebagai chemistry triplet atau hubungan triplet. Ikatan kimia merupakan salah satu materi pelajaran kimia yang memuat representasi makroskopis, submikroskopis dan simbolik secara bersamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan majalah digital interaktif berbasis multipel representasi kimia materi ikatan kimia serta mengetahui kelayakan, penilaian guru dan respons siswa terhadap majalah digital interaktif berbasis multipel representasi kimia yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model desain pembelajaran berbasis multipel representasi yang terdiri dari 11 komponen utama, yaitu menganalisis kebutuhan, menganalisis kemampuan dan potensi siswa berbasis multipel representasi, menganalisis konteks, menganalisis tujuan pembelajaran, menganalisis tugas, merancang dan mengembangkan instrumen penilaian berbasis multipel representasi, menentukan sistem penyampaian pembelajaran, memilih dan mengembangkan bahan ajar, menentukan media pembelajaran, penilaian, dan evaluasi. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli materi/desain dan ahli media serta dinilai oleh guru kimia yang selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (rata-rata skor jawaban). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari ahli materi dan desain, serta ahli media terhadap media pembelajaran majalah digital interaktif berbasis multipel representasi kimia materi ikatan kimia memberikan penilaian dengan kriteria “sangat baik” dan dinyatakan sudah layak untuk diujicobakan. Kemudian dari hasil penilaian guru kimia terhadap majalah digital interaktif memperoleh angka 71 dengan kategori “sangat baik”. Serta mendapatkan respons yang sangat baik dari siswa dengan skor respons siswa sebesar 4,31 (uji satu lawan satu) dan 4,26 (uji kelompok kecil). Berdasarkan pengembangan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran majalah digital interaktif berbasis multipel representasi kimia materi ikatan kimia sudah layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran kimia.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | SAIFUDDIN |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 02:37 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 02:37 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |