KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I PADA TAHUN AJARAN 2020/2021

Lufitarianti, Yunia and maryono, maryono and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS I PADA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (444kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (213kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN-PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)

Abstract

Lufitarianti, Yunia. 2021, Keterampilan Membaca Siswa Kelas I Pada Tahun Ajaran 2020/2021; skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maryono, M.Pd Pembimbing (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Membaca, membaca permulaan Keterampilan membaca merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi. Oleh karena itu, keterampilan membaca harus dilatih sejak dini. Kegiatan membaca dimulai di taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Penelitian bertujuan untuk Mendeskripsikan keterampilan membaca siswa kelas I pada tahun ajaran 2020/2021, mendeskripsikan faktor penghambat keterampilan membaca siswa kelas I, dan mendeskripsikan faktor pendukung keterampilan membaca siswa kelas I pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di kelas I SD Negeri 111/II Bukit Telago, pada 18 januari 2021 hingga 18 februari 2021. Data penelitian diperoleh melalui Observasi, Tes Membaca (EGRA), Kuesoner, dan wawancara. Seluruh siswa kelas I SD Negeri 111/II Bukit Telago dengan jumlah 15 siswa, 11 siswa mengalami kesulitan membaca permulaan. Penelitian ini dimulai dengan memberikan Tes membaca (EGRA) kepada siswa, kemudian diamati karakteristik siswa dalam kesulitan membaca tersebut. Karakteristik kesulitan membaca permulaan siswa kelas 1 SDN 111/II Bukit Telago ialah: kesulitan dalam mengidentifikasi huruf , mengucapkan kata salah, mengeja terbata-bata, mengeja satu-satu, kurang memperhatikan tanda baca dan tidak memahami isi bacaan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan mengenai faktor penghambat keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 111/II Bukit Telago, dari 15 siswa 11 orang yang mengalami faktor penghambat, dikarenakan kurangnya minat membaca, kurangnya dampingan dari orang tua, dan kurang perhatian orang tua. Faktor pendukung keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 111/II Bukit Telago, dari 15 siswa ada 4 siswa yang sangat baik dalam kemampuan membaca. Hal ini dikarenakan bahwa siswa termotivasi, rasa percaya diri yang tinggi, adanya bimbingan belajar di rumah selain di sekolah, dan dukungan dari orang tua.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: YUNIA LUFITARIANTI
Date Deposited: 23 Jul 2021 02:13
Last Modified: 23 Jul 2021 02:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22782

Actions (login required)

View Item View Item