PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SMA KELAS XI MIPA

Sinaga, Winda Sitia Elisabeth (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI BERBENTUK APLIKASI ANDROID PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA SMA KELAS XI MIPA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (SKRIPSI) .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (SKRIPSI) _extract_1.pdf

Download (15kB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (SKRIPSI) _extract_3-5.pdf

Download (408kB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (ABSTRAK).pdf

Download (7kB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (BAB I).pdf

Download (244kB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (BAB V).pdf

Download (9kB)
[img] Text
A1C117016_WINDA SITIA ELISABETH BR SINAGA (DAFTAR RUJUKAN).pdf

Download (234kB)

Abstract

Multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi berbentuk aplikasi android menyajikan materi secara multipel representasi, yakni penggunaan berbagai model representasi untuk memfasilitasi terhubungnya tiga level representasi kimia yaitu representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi terdiri atas materi, lembar kerja elektronik peserta didik, video, soal latihan, dan soal evaluasi yang dapat dijadikan sebagai pegangan guru atau siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar di sekolah maupun di luar sekolah secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi berbentuk aplikasi android pada materi kesetimbangan kimia, mengetahui hasil validasi, penilaian guru, dan respons siswa terhadap multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model desain pembelajaran berbasis multipel representasi yang terdiri dari 11 langkah. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, angket, dan tes berupa soal pretest dan posttest. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala Likert dan dianalisis berdasarkan rerata skor, serta rata-rata skor gain terhadap instrumen tes. Hasil penelitian diperoleh dari validasi dari ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan dua ahli media dengan masing-masing diperoleh rerata skor 4,6 (sangat baik), 4,56 (sangat baik), 5,0 (sangat baik), dan 4,83 (sangat baik). Mendapatkan penilaian guru dengan rerata skor 4,8 (sangat baik), memperoleh respons positif dari siswa dengan rerata skor 4,3 (sangat baik) pada uji coba satu- satu dan 4,55 (sangat baik) pada uji coba kelompok kecil. Hasil perbandingan nilai pretest dan posttest siswa memperoleh nilai N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representsi berbentuk aplikasi android memperoleh hasil validasi sangat baik secara teoritis berdasarkan validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media, serta sangat baik secara praktis berdasarkan penilaian guru dan respons siswa. Multimedia pembelajaran interaktif berbasis multipel representasi yang dikembangkan memberikan dampak tinggi terhadap peningkatan kemampuan multipel representasi siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: WINDA SITIA ELISABETH BR. SINAGA
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:27
Last Modified: 13 Jul 2021 02:27
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22786

Actions (login required)

View Item View Item