PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS VII G(Studi Kasus SMP Negeri 16 Kota Jambi)

DWI REZKI, MIANDA PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI DI KELAS VII G(Studi Kasus SMP Negeri 16 Kota Jambi). Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
artikel.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rezki, Mianda, Dwi. 2017. Pembelajaran Apresiasi Puisi di Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus SMP Negeri 16 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Hj. Nazurty, M.Pd., (II) Dr. Kamaruddin, M.Pd.. Kata Kunci: pembelajaran, apresiasi, puisi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan, (1) perencanaan pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi; (2) pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi; (3) Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi; Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdapat tiga cara, yaitu (1) analisis dokumen; (2) observasi; (3) wawancara. Validitas data yang digunakan, yaitu (1) trianggulasi sumber data, (2) trianggulasi metode, dan (3) triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi, yaitu Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahasa Indonesia sudah sesuai dengan komponen RPP dan silabus (2) Pelaksanaan pembelajaran apresiasi pusi di kelas VII G SMP Negeri 16 kota Jambi sudah mengarah pada pembelajaran apresiasi puisi. (3) Kendala yang timbul dalam pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 Kota Jambi yaitu, keterbatasan media. Siswa merasa takut membaca puisi di depan kelas, siswa kesulitan dalam mencari diksi saat menulis puisi. Hasil penelitiannya adalah pembelajaran sudah mengacu pada pembelajaran apresiasi puisi yang sesuai. Seorang guru merupakan figur yang sudah mampu menumbuhkan motivasi siswa dengan cara-cara tertentu. Namun, penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran apresiasi puisi di kelas VII G SMP Negeri 16 kota Jambi. Diharapkan dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MIANDA DWI REZKI
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:30
Last Modified: 19 Oct 2017 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2280

Actions (login required)

View Item View Item