Sri, Ani (2021) Interaksi Sosial Siswa Yang Memiliki Prestasi Belajar Rendah Di SMPN 25 Kota Jambi. S1 thesis, Bimbingan Dan Konseling.
![]() |
Text
skripsi full teks ani.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
persetujuan dan pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (10kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text
daftar pustaks sekarang.pdf Download (162kB) |
Abstract
Berdasarkan latar belakang, sebagai individu yang hidup di masyarakat tak luput dari hubungan interaksi sosial dengan orang lain untuk tercapainya maksud dan tujuan dari individu tersebut, seperti meminta bantuan ataupun member sesuatu, adanya hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok lain. di dalam berinteraksi juga terdapat hubungan yang positif ataupun negatif yang dapat merugikan individu tersebut seperti permusuhan atau perkelahian. Berdasarkan tujuan, Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi sosial siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di sekolah, dari gejala dilapangan siswa sering berbohong saat berbicara dengan teman, selalu menundukkan kepala, suka mencurigai teman yang sedang berbisik-bisik di depannya dan selalu menilai teman dari penampilan fisiknya. Berdasarkan Jenis penelitian, jenis penelitian ini adalah deskriptif. Data diperoleh dari seluruh siswa SMP Negeri 25 Kota Jambi, dengan populasi seluruh siswa yang berprestasi rendah dan sampel adalah siswa yang memiliki peringkat 3 terakhir, dengan jumlah sampel 62 siswa. Penarikan sampel diambil dengan rumus Total Sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket sebanyak 28 item dengan skala likert. Berdasarkan hasil pengolahan data di dapat hasil pada aspek percakapan persentasenya 47,82% pada kategori sedang, aspek saling pengertian persentasenya 52,72% pada kategori sedang, aspek bekerjasama persentasenya 43,78% pada kategori sedang, aspek empati persentasenya 56,94% pada kategori sedang, aspek memberikan dukungan atau motivasi persentasenya 49,60% pada kategori sedang, dan aspek adanya kesamaan dengan orang lain persentasenya 50,54% pada kategori sedang. Jadi, hasil penelitian deskriptif tentang interaksi sosial siswa yang memiliki prestasi belajar rendah di SMP Negeri 25 Kota Jambi dengan persentase 47,90% pada kategori penilaiannya sedang. Berdasarkan temuan tersebut, perlu upaya dari guru BK agar masih dapat ditingkatkan interaksi social siswa tersebut dengan layanan bimbingan kelompok.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | SRI ANI |
Date Deposited: | 14 Jul 2021 02:34 |
Last Modified: | 14 Jul 2021 02:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |