Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Buatan Mahasiswa Pendidikan Fisiska Universitas Jambi dan Buatan PUSTEKKOM Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA

Aditya, Benta Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Buatan Mahasiswa Pendidikan Fisiska Universitas Jambi dan Buatan PUSTEKKOM Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH_BENTA ADITYA.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Buatan Mahasiswa Pendidikan Fisiska Universitas Jambi dan Buatan PUSTEKKOM Pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Benta Aditya1), Maison2), dan Ahmad Syarkowi3) 1)Mahasiswa S1 Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi 2)3)Dosen Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi Email: Bentaaditya21@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash buatan mahasiswa dan buatan PUSTEKKKOM dan mengkaji penyebab ada atau tidaknya perbedaan dari hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mix method. Metode penelitian yang digunakan adalah Explanatory Sequential Design dengan design kuantitatif menggunakan Nonequivalent control group Design. Sedangkan kualitatif menggunakan studi kasus. Instrumen penelitian terdiri dari tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI di SMA N 1 Merlung yang terdiri dari dua kelas yaitu XI ipa 1 sebanyak 30 siswa dan XI ipa 2 sebanyak 30 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel total dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data kuantitatif adalah uji asumsi dasar yakni uji normalitas dan uji homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis atau uji t. Sedangkan teknik analisis data kualitatif adalah coding dimana data tersebut diberi kode kemudian dikelompokkan sesuai dengan tema permasalahan atau pertanyaan. Hasil yang didapat setelah uji hipotesis menggunakan uji t (Independent sample t-test) didapat t hitung sebesar 0.794. T tabel dapat dicari dengan derajat kebebasan (df) 58 dimana t tabelnya sebesar 2.001. T hitung yang didapat 0.794 ≤ 2.001 maka Ho diterima. Maka dapat diinterpretasikan tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash buatan mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi dan buatan PUSTEKKOM pada materi suhu dan kalor di SMA. Penyebab tidak adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat pada proses belajar mengajar, keaktifan siswa dan penggunaan media di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Siswa-siswa fokus memperhatikan penjelasan guru dengan bantuan media dan mencatat pelajaran. Proses belajar mengajar di kelas eksperimen 1 maupun di kelas eksperimen 2 terlihat sama seperti siswa-siswa bersemangat memperhatikan penjelasan guru, mencatat materi pelajaran dan saling berdiskusi mengenai materi pelajaran. Keaktifan siswa di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 juga terlihat sama seperti siswa lebih aktif mencatat materi pelajaran, aktif berdiskusi mengenai materi pelajaran dan bisa menyelesaikan contoh soal di depan kelas. Media yang digunakan di kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 terlihat sama, baik dari segi isi yang meliputi materi pelajaran berupa kalor dan pemuaian, Azas Black dan perpindahan kalor. Tampilan kedua media juga terlihat sama. Kata Kunci: Perbandingan, Adobe Flash, Media, Pembelajaran.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Benta Aditya
Date Deposited: 19 Oct 2017 03:30
Last Modified: 19 Oct 2017 03:30
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2281

Actions (login required)

View Item View Item