SAPUTRI, ELLA TRI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU EKONOMI DAN FASILITAS SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 6 KOTA JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
artikel.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Saputri, Ella Tri. 2017. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Ekonomi dan Fasilitas Sekolah Terhadap Kepuasan Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Dr. H. Suratno, M.pd dan dosen pembimbing (II) Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Guru Ekonomi, Fasilitas Sekolah, dan Kepuasan Belajar Pendorong yang paling penting dalam pendidikan untuk menghasilkan kepuasan belajar siswa adalah kualitas layanan yang berhubungan dengan proses belajar mengajar di dalam kelas. Oleh karena itu, dalam memberikan pelayanan belajar mengajar diperlukan guru yang kompeten dalam menjalankan tugasnya Dengan demikian, guru yang kompeten secara langsung dapat mempengaruhi bagaimana siswa belajar. Selain itu, untuk membuat pelayanan proses belajar mengajar yang efektif juga dipengaruhi oleh faktor lain seperti fasilitas sekolah yang baik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan fasilitas sekolah terhadap kepuasan belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 61 siswa kelas XI IPS. Data penelitian dikumpulkan melalui angket dan dianalisis mengguanakan bantuan aplikasi SPSS release 21.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap kepuasan belajar dengan hasil perhitungan menggunakan program SPSS 21 diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan T hitung (4,558) > T tabel (2,001). Terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi terhadap kepuasan belajar dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan T hitung (7,569) > T tabel (2,001). Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru ekonomi dan fasilitas sekolah terhadap kepuasan belajar dengan nilai F hitung sebesar 55,330 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan R Square sebesar 0,652. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lebih lanjut mengenai faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan belajar siswa. Bagi guru diharapkan dapat digunakan sebagai informasi untuk lebih meningkatkan kompetensi. Dan bagi sekolah penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan pada pihak sekolah agar lebih memperhatikan ketersediaan sarana dan prasarana untuk melancarkan kegiatan pendidikan di sekolah.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ELLA TRI SAPUTRI |
Date Deposited: | 19 Oct 2017 04:42 |
Last Modified: | 19 Oct 2017 04:42 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |